Top Destinasi Wisata Sejarah di Surabaya dan Wisata Kuliner Bareng Keluarga

  • Whatsapp
Top destinasi wisata Sejarah Surabaya
Hotel Majapahit Surabaya, aksi kepahlawanan perobekan bendera Belada pada 19 September 1945 di Hotel Yamato (sekarang Hotel Majapahit) selalu diperingati oleh Pemkot Surabaya.Foto: Humas Pemkot Surabaya. https://humas.surabaya.go.id/
banner 468x60

NUSADAILY.COM-SURABAYA- Top destinasi wisata Sejarah di Surabaya  sangat kental dengan nilai kepahlawanannya. Kota ini memiliki sejarah panjang yang terkait dengan nilai-nilai heroisme. dan hingga saat ini bangunan-bangunan bersejarah masih tetap dilestarikan dan diabadikan menjadi Cagar Budaya.

Berikut beberapa tempat bersejarah di Kota Surabaya yang wajib anda ketahui:

Baca Juga

Tugu Pahlawan Surabaya

Tugu Pahlawan merupakan salah satu ikon Kota Surabaya. Tugu ini dibangun di atas area Taman Kebonrojo seberang kantor Gubernur Jawa Timur.

Berada satu lokasi dengan Tugu Pahlawan, kamu bisa mengunjungi Museum Sepuluh Nopember berbentuk piramida yang menyimpan berbagai macam dokumentasi perjuangan rakyat Surabaya loh. Salah satunya adalah transkrip suara Bung Tomo ketika menyemangati rakyat Surabaya melawan pasukan Sekutu. Tugu Pahlawan adalah Top destinasi wisata Sejarah Surabaya.

Gedung Siola atau Museum Surabaya

Gedung megah yang berada di kawasan Jalan Tunjungan ini dulunya bernama White Laidlaw yang merupakan perusahaan komersial yang menjual pakaian dan tekstil asal Inggris.

Gedung Siola pada jaman dahulu pernah menjadi tempat pertahanan melawan Sekutu. Setelah kemerdekaan, gedung ini berubah menjadi pusat perbelanjaan modern di Surabaya. Kini, Gedung Siola resmi menjadi Museum Surabaya.

Hotel Majapahit

Top destinasi wisata Sejarah Surabaya
Aksi kepahlawanan perobekan bendera Belada pada 19 September 1945 di Hotel Yamato (sekarang Hotel Majapahit) selalu diperingati oleh Pemkot Surabaya.
Foto: Humas Pemkot Surabaya. https://humas.surabaya.go.id/

Hotel Majapahit dibangun pada tahun 1910. Awalnya, hotel ini menjadi salah satu hotel bagi kaum elit Belanda yang tinggal di Surabaya atau yang sedang berkunjung di Kota Pahlawan. Pada zaman kolonial, Hotel Majapahit bernama Hotel Oranje yang didirikan oleh Sarkies Bersaudara berdarah Armenia.

Hotel ini merupakan saksi bisu dari perjalanan Kota Pahlawan dari waktu ke waktu. Pemerintah Daerah Kota Surabaya menetapkan hotel yang berada di Jalan Tunjungan Nomor 65 ini sebagai cagar budaya yang patut dipertahankan.

Di dalam hotel terdapat banyak sekali koleksi yang menyimpan nilai sejarah bagi hotel dan Kota Surabaya. Kabar gembira bagi kamu para pecinta sejarah, hotel yang pada zaman kolonial diberi nama Hotel Oranje ini membuka Heritage Hotel Tour. Semua orang boleh mengunjungi Hotel Majapahit dan melihat tempat bersejarah yang ada di dalam hotel dengan dipandu staf hotel. Hotel ini salah satu top destinasi wisata Sejarah Surabaya.

Rumah Sakit Darmo

Rumah Sakit darmo didirikan pertama kali oleh pihak kolonial Belanda pada tahun 1897. Rumah Sakit Darmo ini dulunya bernama Soerabajasche Zieken Verpleging (SZV), dan awalnya berupa klinik di Jalan Ngemplak, lalu pada tahun 1921 lokasinya dipindah ke Jalan Raya Darmo.

Rumah sakit ini pernah menjadi markas penting bagi pertahanan militer Belanda. Saat ini Rumah Sakit Darmo masih berdiri megah dan menjadi salah satu rumah sakit tertua di Surabaya.

Setelah susun itinerary untuk road trip ke Surabaya bersama keluarga tercinta, kini saatnya kamu penuhi kebutuhan traveling dengan praktis
lewat aplikasi Traveloka. Berbagai kebutuhan traveling kamu, termasuk pilihan akomodasi yang beragam mulai dari hotel, villa, apartemen, resort
hingga hostel bisa kamu temukan dengan harga terbaik di Traveloka. Jadi, tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Traveloka kamu untuk booking hotel dan wujudkan itinerary liburan kamu sekarang juga.

Tak cuma mudah penuhi kebutuhanmu, aplikasi Traveloka juga siap bantu kamu jadi “Smart and Responsible Traveler” lho! #SmartStaycation kini
bisa kamu wujudkan dengan berbagai fitur Traveloka mulai dari Online Check-in dimana kamu bisa lakukan proses check-in hotel secara online di
aplikai Traveloka sehingga bisa minimalisir kontak fisik selama liburan. Selain itu ada pula fitur Pay upon Check-In yang memungkinkanmu untuk
bayar saat kamu sudah di hotel untuk check-in.

Dan, untuk pastikan perjalanan liburanmu nyaman dan tenang, pastikan kamu pilih mitra Traveloka CleanAccommodation sebagai akomodasi karena ribuan mitra hotel CleanAcommodation di Indonesia telah berkomitmen menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran dan mendapatkan sertifikasi CHSE dari Kemenparekraf. Jadi, tak perlu lagi worry liburan karena Traveloka siap bantu wujudkan rencana SmartStaycation kamu! Setelah akses ke Traveloka, baru kemudian lanjut ke wisata kuliner di bawah ini.

Top destinasi wisata Sejarah Surabaya

Wisata Kuliner Surabaya

Berkunjung ke tempat bersejarah, baiknya disambung wisata kuliner. Makan enak di Surabaya tidak akan bisa dijalani hanya dalam waktu satu hari. Butuh setidaknya seminggu untuk kamu bisa mencicipi beragam menu makanan khas Surabaya di berbagai sudut.

Berikut rekomendasi wisata kuliner yang wajib kalian coba saat berkunjung ke Surabaya:

Warung Kepiting Cak Gundul

Siapa yang hobi nih makan kepiting? Ya, tentu makanan satu ini menarik perhatian pecinta kuliner. Warung Kepiting Cak Gundul berlokasi di Jalan Raya Kupang Indah No. 45 C-D, Sonokwijenan, Suko Manunggal, Sonokwijenan, Suko Manunggal, Surabaya.

Kepiting Cak Gundul mulai dari rasa, sensasi hingga kenikmatan tidak perlu diragukan lagi, berkualitas nomor satu, Serta kepiting yang berukuran jumbo pasti membuat kalian puas menyantapnya.

Harganya beragam mulai dari Rp. 13.500,- hingga Rp. 27.000,- per 100 gram.

Sego Sambel Mak Yeye

Kuliner malam memang terasa lebih nikmat apalagi bersama keluarga dan sahabat. Arek Suroboyo pasti tidak asing lagi dengan kuliner malam satu ini, Sego Sambel Mak Yeye yang berlokasi di daerah Jagir, Wonokromo.

Sego Sambel Mak Yeye ini buka menjelang tengah malam hingga tutup saat subuh. Makanan ini khasnya dari rasa sambelnya yang pedas. Ikan Pari sebagai lauk utama di warung ini.

Bahkan kalian mungkin harus rela mengantri untuk bisa mendapatkan sepiring Sego Sambel ini. Untuk harganya beragam tergantung lauk yang dipilih, Rp. 15.000,- untuk seporsi nasi sambel dengan ikan pari, telur dan tempe goreng.

Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih

Aneh gak sih kelapa dibikin sate? Bagi yang belum mencoba mungkin berpikir seperti itu. Padahal sate ini berasal daging sapi yang diiris tipis dan dilumuri kelapa sebelum kemudian dibakar. Penasaran rasanya?

Langsung aja datang ke Jalan Walikota Mustajab No.36, Ketabang, Genteng, Surabaya. Harganya mulai dari Rp. 17.000,- hingga Rp. 18.000,- per porsi.

Rawon Setan

Rawon merupakan salah satu makanan khas di Surabaya. Sensasi Rawon Setan ini berbeda dengan yang lain, mulai dari potongan daging yang berukuran besar, kuah yang segar dan sayur melimpah menambah kenikmatan.

Karena popularitasnya sederet artis Ibu Kota dan Gubernur pernah singgah di Rawon Setan ini loh! Rawon Setan berlokasi di Jalan Embong Malang No. 78I, Genteng, Surabaya. Harga mulai dari Rp. 12.000,- hingga Rp. 30.000,- per porsi.

Soto Lamongan Cak Har

Soto Lamongan Cak Har termasuk salah satu kuliner yang populer di Surabaya, yang berlokasi di Jalan Arief Rachman Hakim, Keputih, Sukolilo, Surabaya.

Sajian khas soto ayam kampung dengan kuah kaldu yang membuat lidah bergoyang, ditambah taburan koya yang gurih, menambah kenikmatan dalam menyantap setiap porsinya. Biar lebih jreng, tambahkan sambal dan peresan jeruk nipis ya. Dijamin mantap! Harga mulai dari Rp. 18.000,- per porsi. Sudah kenyang kan?

Jangan lupa juga, ada banyak promo booking hotel yang menunggu kamu di aplikasi Traveloka! Dengan penawaran harga Flash Sale setiap
minggunya, kamu bisa dapatkan harga terbaik untuk liburan impianmu! Apalagi akan ada EPIC SALE dari Traveloka pada tanggal 25 hingga 31 Maret ini! Jadi, jangan sampai ketinggalan promo paling epic dari Traveloka tahun ini!(eky/cak)