Semburat Jingga Menawan Menghiasi Masjid 99 Kubah di Kota Makassar

  • Whatsapp
Masjid
Masjid 99 Kubah Kota Makassar (tempo.co)

NUSADAILY.COM – MAKASSAR – Di tepi Pantai Losari di Kota Makassar, berdiri masjid unik nan cantik yakni Masjid 99 Kubah. Sesuai namanya, jumlah 99 kubah itu diambil dari Asmaul Husna yang merupakan nama-nama Allah.

Masjid 99 Kubah ini terletak di lahan reklamasi pesisir Pantai Losari. Tepatnya berada di Kawasan CPI (Center Point of Indonesia).

Bacaan Lainnya

Masjid yang tampilan depannya berundak mirip Hawa Mahal di Jaipur, India, ini merupakan karya dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yang awalnya berprofesi sebagai arsitek.

Jika tampilan depan Hawa Mahal berupa jendela, maka tampilan muka Masjid 99 Kubah ialah kubah bulat.

Warna masjid ini nampak cantik dengan warna cerah, dengan perpaduan merah, oranye, sampai kuning dan kubahnya terlihat sangat megah dengan struktur menawan.

Masjid masih tahap pembangunan
Tampak dalam Masjid 99 Kubah Kota Makassar

Meski dalam tahap pembangunan, Masjid 99 Kubah ini sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan. Saat ini pembangunan Masjid 99 Kubah terus dikebut dengan perkiraan rampung pada tahun 2022.

Apalagi sebelumnya terdengar kabar kalau ada atraksi air mancur indah di halaman masjid, yang bakal menghibur pengunjung selama 30 menit usai salat Magrib dan Isya setiap harinya.

Air mancur di Masjid 99 Kubah konon katanya terdiri dari tujuh macam warna dan bisa berubah bentuk mengikuti musik yang diputar.

Setinggi 17 meter, air mancur di masjid itu menjadi air mancur terpanjang kedua setelah Air Mancur Sri Baduga Purwakarta, dan menjadi air mancur terbesar di luar Pulau Jawa.

Pembangunan tahap awal masjid itu pertama dilakukan pada 2017. Dilanjutkan tahap kedua di tahun 2018. Sementara dua tahun berselang tidak dilakukan konstruksi apapun karena adanya audit atau penyelesaian komponen-komponen pengawasan oleh berbagai pihak.

Kini, pembangunan masjid memasuki tahap III. Membetulkan dan menyelesaikan semua area fungsi pemanfaatan masjid. Termasuk area parkir yang bisa dimanfaatkan para santri.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUTR Sulsel Haeruddin mengatakan masih dibutuhkan anggaran sekitar Rp76 miliar dari perencanaan awal jika mengacu pada grand desain masjid sebelum memasuki konstruksi pengerjaan tahap III di tahun 2021.

Sementara pengerjaan tahap III yang sudah berlangsung dua pekan terakhir menggunakan pagu anggaran sebesar Rp24,5 miliar untuk penyelesaian area fungsional masjid.

“Anggaran yang ada belum termasuk menara dan kubah masjid, ini akan dikerjakan tahun depan dan tentu dilelang lagi,” katanya saat ditemui.

Oleh karena itu, anggaran sekitar Rp51 miliar akan disiapkan kembali untuk penyelesaikan Masjid 99 Kubah dengan pelaksanaan konstruksi tahap IV di tahun 2022.

Masjid dapat menampung 13 ribu jemaah

Masjid dengan luas bangunan 72 meter x 45 meter ini bisa menampung sekitar 13 ribu jemaah. Bangunan tempat ibadah umat Muslim ini memiliki tiga bagian yang bisa digunakan.

  • Ruang salat dapat menampung 3.880 jemaah
  • Ruang mezzanine dapat menampung 1.005 jemaah
  • Pelataran suci memuat 8.190 jemaah.

BACA JUGA: Mengenal Kota-kota Penyelenggara Euro: Kopenhagen, Dermaga Negeri Skandinavia (3) – Noktahmerah.com

Kelak, masjid yang berada di kawasan Timur Indonesia ini dapat menampung kegiatan ibadah dan syiar Islam.

Masjid 99 Kubah Makassar itu terlihat sangat cantik saat momen-momen matahari terbenam, berpadu dengan semburat jingga yang menawan.

Bentuknya yang unik, Masjid 99 Kubah Makassar akan menjadi 30 masjid terunik di dunia, serta menjadi masjid terbesar di Sulawesi Selatan dan ikon wisata religi Kota Makassar.(eky)