Rasakan Keseruan Mengarungi Arus Sungai Elo Magelang Musim Liburan

  • Whatsapp
banner 468x60

MAGELANG– Di balik destinasi wisata monumental Candi Borobudur, Kabupaten Magelang masih menawarkan daya tarik wisata alam yang menghadirkan keseruan. Keseruan itu disuguhkan sangat beraktivitas rafting di aliran Sungai Elo sepanjang 12 kilometer. 

Anak Sungai Progo ini berada di Pare, Desa Blondo, Mungkid, Kabupaten Magelang. Jurnalia Nusadaily.com ikut merasaka  serunya rafting di sungai Elo, libur panjang akhir Oktober ini. 

Salah satu pemandu rafting, Iwan mengatakan, ada 30 operator yang menyediakan jasa susur sungai dengan perahu karet di Sungai Elo. Hampir tujuh bulan para operator menghentikan aktivitasnya karena dampak pandemi Covid-19.

“Awal Oktober ini baru buka. Biasanya pas Sabtu-Minggu atau libur panjang baru ramai rombongan pengunjung,” kata Iwan dilansir Nusadaily.com.

Pengarahan dari pemandu menjadi santapan wajib yang harus diikuti pengunjung sebelum melakukan rafting. Termasuk penggunaan perlengkapan safety ketika mengarungi sungai berarus sedang.
 Titik keberangkatan dimulai dari Jembatan Blondo dan berakhir di Jembatan Mungkid. Kurang lebih butuh waktu tiga jam untuk bisa mencapai titik finish.

Sesekali arus deras mengguncang perahu karet saat melewati beberapa jeram. Kencangnya arus di bagian jeram sesekali membuat perahu karet terbentur bahkan tersangkut bebatuan. Momen seperti itulah yang menciptakan keseruan saat melakukan rafting. Adapun nama jeram-jeram yang dapat ditemui saat pengarungan pertama ada jeram sesek, jeram julia, jeram zigzag.

“Pindah ke bagian depan semua,” kata Iwan memberikan instruksi  saat perahu karet tersangkut bebatuan sembari mengguncangkan salah satu sisi perahu agar bisa kembali melaju.

Rombongan rafting berhenti sejenak tatkala perjalanan menempuh separuh rute atau enam kilometer. Rombongan diajak untuk menikmati segarnya kelapa muda dan kudapan tradisional yang disediakan di tepi sungai.

Meski terbilang cukup deras di bagian jeram, Sungai Elo aman bagi pemula dengan kategori tingkat II-III. Ketika mengikuti paket wisata arung jeram Sungai Elo akan melihat pemandangan yang cukup menarik di sungai tersebut, banyak tumbuhan tropis seperti bambu, pisang, kelapa.

Serta aktifitas penduduk lokal seperti memancing, mencuci pakaian, mandi dan masih banyak lagi. Di tepi sungai sesekali terlihat biawak liar yang sedang mencari makan di pinggiran sungai. (wok/wan)

Post Terkait

banner 468x60