Pecel Lele Malioboro Mahal, Bagaimana dengan Malang?

  • Whatsapp
Pecel lele.
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Sebuah video wisatawan yang menyebut harga pecel lele di lesehan Malioboro mahal, yakni Rp 37.000 per porsi, viral di media sosial.

Di dalam video tersebut, wisatawan menyebut rincian harga seporsi pecel lele yang harus ia bayar. Rp 20.000 untuk lele goreng, Rp 7.000 untuk seporsi nasi, dan Rp 10.000 untuk lalapan.

Baca Juga

Sebenarnya, jika ingin makan di Malioboro, hal yang paling penting dan harus dilakukan sebelum memesan adalah meminta menu atau daftar harga. Jika tidak ada, lebih baik tinggalkan saja.

“Jangan beli makan di tempat wisata” sebuah ungkapan legendaris ibu kepada anaknya ketika hendak berwisata ternyata ada benarnya. Namun jangan menganggap jika semua tempat atau kota wisata harga makanannya ngawur dan menthung.

BACA JUGA: Pecel Lele Malioboro Mahal? Apakah Lumrah?

Persoalan harga makanan di Malioboro yang tak masuk akal sebenarnya sudah menjadi rahasia umum. Bahkan di portal berita maupun sosial media terdapat tips atau travel hack agar bisa makan murah di Malioboro.

Malioboro merupakan salah satu ikon wisata Kota Yogyakarta yang juga terkenal dengan kota pelajar dengan jajaran Universitas yang ada di sana.

Atas alasan itu, membandingkan harga pecel lele Malioboro dengan pecel lele Malang bukan merupakan hal yang tabu mengingat Kota Malang juga merupakan Kota Wisata dan Pelajar.

Berdasarkan hasil survey Nusadaily.com di Kota Malang, harga satu porsi pecel lele lengkap dengan nasi dan lalapan maksimalnya adalah Rp 15 ribu.

Salah satu pengelola lalapan Lamongan atau pecel lele di Kota Malang, Fitri, menuturkan jika harga pecel lele di warungnya di kawasan RRI adalah Rp 14 ribu.

“Pecel lele Rp 14 ribu, itu sudah pakai nasi dan lalapan,” katanya.

Fitri juga mengaku kaget melihat kasus viralnya pecel lele Malioboro mahal. Menurutnya harga seperti itu sangat tidak wajar walaupun ada di destinasi wisata.

“Pecel lele Rp 37 ribu itu kemahalan banget, saya yang penjual saja kaget, apalagi pembelinya,” imbuhnya.

Harga makanan di Kota Wisata tentunya menjadi salah satu pertimbangan bagi wisatawan untuk berkunjung. Dengan harga pecel lele yang selangit, bukan tidak mungkin minat wisatawan untuk berkunjung ke Yogyakarta, khususnya malioboro akan berkurang. Bagaimana dengan Kota Malang? (kal)