Pantai Sumur Tiga, Bekas Peninggalan Jepang Kini Jadi Pantai Terindah di Sabang

  • Whatsapp
Pantai Sumur Tiga
Wisata Pantai Sumur Tiga Sabang/ instagram @anam_dz

NUSADAILY.COM – ACEH – Keindahan Indonesia sudah terkenal hingga ke mancanegara. Mulai dari Sabang sampai Merauke terbentang keindahan alam yang dapat membuat iri negara-negara lain.

Begitu halnya jika Anda berkunjung ke ujung Barat wilayah Indonesia, tepatnya di Pulau Sumatera. Di pantai timur Pulau Weh Kota Sabang, terdapat sebuah pantai yang mempunyai daya tarik tersendiri, yakni Pantai Sumur Tiga.

Pantai Sumur Tiga merupakan pantai indah yang berlokasi di pantai timur Pulau Weh atau sekitar 15 menit dari Kota Sabang, tepatnya di Kecamatan Ie Meule, Sukajaya, Sabang, Pulau Weh, Provinsi Aceh.

BACA JUGA: Batu Night Spectacular, Menikmati Wisata Malam Spektakuler di Jawa Timur – Nusadaily.com

Sejarah Nama Pantai Sumur Tiga

Dahulu kala terdapat tiga buah sumur di sekitar pantai yang menjadi mata air bagi warga sekitar. Uniknya air yang dihasilkan bukanlah air asin melainkan air tawar.

Namun, sayangnya saat ini sumur tersebut sudah tidak dipergunakan lagi oleh warga sekitar, tetapi sumur tersebut kini menjadi saksi sejarah penamaan Pantai Sumur Tiga.

Keindahan Alam
instagram: @naslan_fauril

Pantai berpasir putih berkilau dan lembut ini memiliki garis pantai yang panjang dengan air lautnya yang berwarna biru muda, lengkap dengan pepohonan kelapa yang tersebar di sepanjang bibir pantai.

Selain memiliki panorama yang indah, keindahan bawah lautnya pun dapat kita jelajahi, dengan ber-snorkeling ataupun diving. Dari air laut yang jernih terlihat jelas keindahan terumbu karang yang masih terjaga dengan baik.

phinemo

Anda bisa menyewa perlengkapan snorkeling atau diving ditempat penyewaan yang tersedia di area Pantai Sumur Tiga.

Tak heran jika pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Karena selain berselancar dan menikmati keindahan bawah laut dengan ber-snorkeling ria, Anda juga bisa menginap di cottage yang banyak terdapat di sekitar pantai.

Untuk harga penginapan ditentukan juga dengan fasilitas yang ada di hotel atau penginapan tersebut. Harga termurah sebuah penginapan Rp.100.000, tentu saja dengan fasilitas seadanya.

Setelah puas menikmati keindahan alamnya, saatnya Anda mencoba kuliner di sekitar Pantai Sumur Tiga, yang menawarkan banyak sekali menu kuliner yang siap untuk menggoyang lidah Anda. Anda bisa memilih berbagai jenis hidangan kuliner yang tersedia.

Di Pantai Sumur Tiga juga terdapat situs sejarah peninggalan masa Jepang. Di Pantai inilah anda dapat melihat lebih dekat benteng pertahanan yang dibangun oleh Jepang, walaupun bangunannya tidak utuh lagi.

BACA JUGA: Libur Lebaran, Kawasan Bromo-Semeru Ditutup Sementara – Noktahmerah.com

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Untuk mendapatkan wisata yang bagus Anda tidak selalu mengeluarkan budget yang mahal, seperti wisata Pantai Sumur Tiga ini. Anda tidak akan dikenakan biaya masuk alias gratis. Hanya saja Anda perlu menyiapkan biaya sewa snorkeling, diving, ataupun penginapan.

Anda juga dapat mengakses Pantai Sumur Tiga kapanpun Anda mau. Karena pengelola pantai tidak menetapkan jam batasan buka tutup pantai yang berarti wisata Pantai Sumur Tiga buka selama 24 jam.(eky)