Nikmati Keindahan Laut, Sejatinya Melihat Muasal Manusia

  • Whatsapp
Terumbu karang
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Presiden AS John F Kennedy pernah menyatakan bahwa umat manusia terikat dengan lautan. Dengan adanya ikatan itu, maka Kennedy juga menyatakan bahwa saat seseorang berlayar atau hanya menikmati keindahan laut, maka sama saja orang itu sedang melihat asal muasal kehidupan manusia.

Laut, yang merupakan dua pertiga dari permukaan bumi ini, menyimpan kekayaan keanekaragaman hayati yang sama atau bahkan dapat disebut lebih luas daripada kekayaan hayati daratan Keindahan laut tersebut tak dapat dielakan.

"
"

Baca Juga

"
"

Salah satu dari kekayaan tersebut adalah berupa terumbu karang, yang menurut Menteri Kelautan dan Perikanan/KKP Edhy Prabowo merupakan hal yang penting bagi lautan Nusantara.

Mengapa demikian? Edhy menyebut bahwa pelestarian dan pengelolaan terumbu selaras dengan laju pertumbuhan ekonomi kawasan pesisir.

Menteri Kelautan dan Perikanan menyebut bahwa hal itu tidak semata-mata dari nilai yang diperoleh dari komoditas kelautan dan perikanan, tetapi juga dari sektor pariwisata dan bidang lainnya yang terkait dengan perekonomian pesisir.

Menurut Edhy Prabowo, pelestarian dan pengelolaan terumbu karang hasilnya akan berbanding lurus dengan pertumbuhan ekonomi pesisir mengingat biota laut ini punya nilai ekonomi tinggi juga salah satu keindahan laut.

Mengacu pada kajian United Nations Environment Program dua tahun lalu, nilai ekonomi terumbu karang Indonesia mencapai 37 miliar dolar AS pada 2030 bila dikelola dengan baik.

Edhy menegaskan perlunya keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan upaya pelestarian dalam mengelola kekayaan laut Indonesia, termasuk terumbu karang.

Menyadari peran terumbu karang yang begitu besar dalam ekosistem laut, Edhy meminta penanaman terumbu karang masif dilakukan oleh semua lapisan.

Post Terkait

banner 468x60