Masjid Safinatun Najah Semarang, Masjid Unik Berbentuk Kapal Nabi Nuh

  • Whatsapp
Masjid
Masjid Kapal Semarang. (Foto: Instagram/seputarsemarang)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – SEMARANG – Masjid Safinatun Najah atau pengunjung biasa menyebutnya dengan Masjid Kapal Semarang kini menjadi wisata religi yang ramai dikunjungi saat bulan Ramadan.

Masjid yang berlokasi di berlokasi di Jalan Kyai Padak, Podorejo, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang mulai ramai didatangi pengunjung saat menjelang buka puasa.

Umumnya tujuan utama mereka yang datang kesini untuk beribadah, selain itu juga ada yang berburu foto serta berkuliner di sekitar kawasan masjid.

BACA JUGA: Ngabuburit Menikmati Senja Alam Terbuka Candi Prambanan – Nusadaily.com

Struktur Bangunan Masjid

instagram: @nabila_kipz

Masjid berwarna putih nan megah ini dibangun di atas rangka kapal yang terbuat dari kayu. Masjid yang menyerupai kapal Nabi Nuh, sesuai dengan nama yayasan pemilik masjid yaitu Safinatun Najah (kapal penyelamat).

Masjid ini dibuat seakan-akan mengapung di atas air. Pintu masuk masjid ini berada di bagian bawah masjid dengan jembatan pendek di atas air. Masjid ini memiliki tiga pintu masuk di sisi kanan, dan tiga pintu masuk di sisi kiri.

Masjid unik tersebut mulai dibangun sejak pertengahan tahun 2015 di lahan seluas 7 ha dengan luas bangunan 2.500 m2 dan terdiri dari empat lantai. Masjid ini juga memiliki 68 jendela berbentuk lingkaran seperti kapal pada umumnya.

Lantai pertama difungsikan sebagai aula, tempat wudhu, dan toilet. Sedangkan lantai dua difungsikan sebagai tempat ibadah melaksanakan salat

Lantai tiga digunakan untuk perpustakaan, sedangkan lantai empat biasa digunakan pengunjung untuk menikmati pemandangan persawahan di sekitar masjid. Di sana, pengunjung akan ditemani semilir angin dan pemandangan hijau yang memanjakan mata.

BACA JUGA: Habis Badai, Muncullah Danau – Imperiumdaily.com

Jam Operasional dan Tiket Masuk

Masjid kapal buka setiap hari mulai pukul 04.00-20.00 dan tiket masuk pengunjung dikenakan biaya Rp. 3.000 per orang.

Dikutip dari Ayosemarang.com, Sutar (65) salah satu pengurus Masjid Kapal Semarang menjelaskan, masjid yang sempat di tutup karena adanya pandemi Covid-19 kini telah dibuka kembali dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Masjid ini baru dibuka kembali beberapa minggu lalu setelah mendapat izin dari pihak kelurahan setempat. Tentu Protokol Kesehatan jadi perhatian kami,” ujarnya Rabu (31/3/2021).(eky)