Lembah Indah Malang, Paket Lengkap Wisata Bareng Keluarga

  • Whatsapp
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Malang Raya adalah surganya tempat wisata. Nah, buat para pelancong yang datang bersama keluarga, ada satu destinasi yang wajib dikunjungi. Namanya Lembah Indah, di Desa Balesari Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang.

Meski terbilang baru, Lembah Indah berani menawarkan sensasi wisata yang berbeda. Penasaran?

Baca Juga

BACA JUGA: Taman Bunga Refugia Diapit Dua Gunung Jadi Jujukan Berswa Foto

Deputi General Manager Lembah Indah Fadli Umam bercerita, wisata ini pada mulanya adalah ladang tebu. Namun rupanya, lansekap lembah yang berada di kaki Gunung Kawi ini begitu indah sesuai namanya.

“Kita melihat peluang itu, karena pemandangan yang cukup mempesona dan langsung kita targetkan untuk membangun lokasi wisata di sini. Walaupun lokasinya cukup jauh, namun tempat ini punya keistimewaan tersendiri dari Lembah Gunung Kawi yang sakral ini,” papar Fadli.

Untuk itu, sejak 2017 mulai dilakukan pembebasan lahan, pembangunan dan perapian lembah ini. Sampai pada Maret 2020, Lembah Indah sudah mulai bisa dikunjungi wisatawan.

Dengan luas sekitar 20 hektare, Lembah Indah tak cuma menawarkan pemandangan alam asri nan memukau, tapi juga beragam wisata edukasi yang bermanfaat.

Wisatawan bisa mempraktikkan bercocok tanam di area persawahan dan perkebunan terasering di sini. Yang spesial, hasil bumi di pertanian setempat dikelola langsung oleh pihak objek wisata menjadi bahan pangan di restoran.

Untuk harga tiket hanya dibanderol Rp. 20.000,- sudah termasuk pajak daerah, ada bonus pula. Pengunjung sekaligus mendapatkan air minum langsung dari sumber Gunung Kawi.

Bagi yang suka camping, tenang, Lembah Indah juga punya glamping dan camping ground. Pengunjung bisa menyewa glamping dengan harga Rp400 ribu permalamnya. Sedangkan berkemah Rp 75 ribu. Yang membawa rombongan, bisa juga sewa villa seharga Rp1 juta per malamnya.

instagram.com/indradili

Masa Pandemi, Pengunjung Masih Dibatasi

Di masa pandemi ini, Lembah Indah tetap dibuka dengan mengikuti standart operasional dan menerapkan protokol kesehatan.

Saat ini, pengunjung pun dibatasi 50% saja. Kapasitas sebenarnya mencapai 10.000 hingga 15.000 pengunjung per harinya.

Kedepan, menurut Fadli, Lembah Indah akan bekerjasama dengan Perhutani untuk menambah luasnya. Prediksinya antara 5 sampai 10 hektare lagi. Plus akan ada berbagai macam wahana baru.

“Rencananya setiap 6 bulan sekali kita akan ada playground, out bound, dan pemandian untuk anak kecil berupa sungat buatan,” tambahnya.

Wisata ini juga punya konsep One Stop Integrated Tourism System. Artinya, semua kebutuhan wisata pengunjung di sini akan terpenuhi. Liburan bersama keluarga pun terasa semakin menyenangkan.

BACA JUGA: Ngopi Asik Sambil Piknik di Bukit Pulepayung Yogyakarta

“Mulai dari kita sediakannya untuk penginapannya ada villa, glamour Campingn, Campingn Ground. Ada restoran Nusantara Food dan Restoran masyarakat lokal disini. Edukasi wisata juga disajikan disini mulai dari pertanian, peternakan, hidroponik, perikanan dan juga kita menggunakan konsep persawahan seperti di Ubud Bali,” tutupnya.

Pengelola Lembah Indah berharap pengunjung nantinya akan mendapat paket lengkap. Pemandangan indah, makanan yang enak, layanan yang baik serta di dukung fasilitas yang super lengkap. (aje/lna)