Kebun Teh Sirah Kencong Blitar, Indah dan Sejuknya Nggak Kalah dengan Kota Batu

  • Whatsapp
Wisata Kebun Teh Sirah Kencong Kabupaten Blitar Jawa Timur.
banner 468x60

NUSADAILY.COM – BLITAR – Kabupaten Blitar sangat kaya dengan potensi pariwisata. Mulai dari pegunungan, air terjun, pantai, wisata budaya hingga perkebunan teh. Dan  perkebunan teh yang sangat indah dan cukup terkenal adalah Perkebunan Teh  Sirah Kencong.

Baca Juga

Ini merupakan salah satu destinasi wisata hits di Blitar. Melansir jelajahblitar.com, pengunjung kawasan ini di akhir pekan bisa mencapai ribuan. Hal tersebut dikarenakan kemudahan akses jalan menuju ke Sirah Kencong.

Perkebunan Teh di Blitar dengan ketinggian sekitar 1000 mdpl ini selain menawarkan pemandangan yang sejuk khas perkebunan teh juga menawarkan kenyamanan saat menikmati suasana di kebun teh ini. Terutama pada hari biasa yang tak terlalu banyak pengunjungnya.

Perkebunan Teh Sirah Kencong Blitar secara administratif terletak di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Dengan kondisi jalan yang sudah sangat baik, perjalanan dari Wlingi ke Perkebunan Teh Sirah Kencong ini membutuhkan waktu kurang lebih hanya 30 menit.

Banyak Destinasi Wisata di Kebuh Teh Sirah Kencong

Perkebunan Teh Sirah Kencong tidak hanya menawarkan pemandangan alam khas pegunungan lengkap dengan pepohonan teh hijau yang menyejukkan mata. Selain itu pengunjung juga bisa menikmati dinginnnya air terjun yang masih berada dalam satu wilayah perkebunan. Ada juga candi yang berada di kawasan ini meski kondisinya juga memprihatinkan.

Perkebunan Teh ini juga sangat cocok untuk yang suka dengan kegiatan outdoor. Pengunjung bisa melakukan pendakian ke Gunung Butak yang butuh waktu sekitar 12 jam perjalanan dari Sirah Kencong ke puncaknya. Pengunjung juga bisa camping ceria di Brak Papat maupun Wukir Negoro yang membutukan waktu sekitar satu jam perjalanan.

Produk unggulan dari pabrik teh ini adalah teh hitam dengan merk KenTea yang berarti Kencong Tea atau teh dari Sirah Kencong. Sebagian besar produk teh hitam ini diekspor ke kawasan timur tengah. Teh hitam berbentuk bulir-bulir mirip dengan pelet berwarna hitam, dengan rasa yang unik dan berbeda dengan teh yang pada umumnya ada di pasaran.

Produk teh sirah kencong ini bisa dibeli di loket masuk. Tampak kotak teh berjajar rapi dalam etalase yang bisa dijadikan oleh-oleh sepulan dari kawasan perkebunan teh ini. Jadi para pengunjung bisa mencoba kenikmatan teh ini. Cukup dengan satu sendok teh saja untuk segelas teh, karena rasa teh hitam yang cenderung sepet.

Seiring dengan berjalannya waktu, kini sudah mulai banyak titik-titik menarik yang bisa dikunjungi. Bahkan beberapa titik juga tampak pembangunan tempat berswafoto.

Ada baiknya datang ke kawasan ini ketika musim kemarau, karena kalau musim hujan kita cuma bisa berteduh. Apalagi kalau hujan di perkebunanini termasuk awet. Jadi kalau hujan yaudah bisa saja seharian hujan.

Cara Menuju Pekerbunan Teh Sirah Kencong

Ada beberapa rute dan jalan menuju perkebunan teh Sirah Kencong, namun dari sekian jalan yang ada, jalur paling mudah adalah melalui jalur Tegalasri, Wlingi. Sebagian besar jalan sudah menggunakan aspal, hanya di beberapa titik saja yang berupa jalanan cor.

Tiket Masuk Perkebunan Teh Sirah Kencong

Untuk masuk ke kawasan perkebunan teh sirah kencong dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orangnya, sedangkan parkir sepeda motor dikenakan Rp. 2.000 per motornya dan parkir mobil Rp. 5.000.

Wisata alam ini sangat cocok untuk mendinginkan pikiran yang penat. Apalagi setelah ada corona ini. Jadi nanti setelah corona pergi langsung saja cus ke Sirah Kencong ini. Dijamin pikiran ade ati ayem. Kita bisa menikmati pemandangan indah dan hawa sejuk yang tak kalah dengan Kota Batu. (aka)

Post Terkait

banner 468x60