Bunga Verbena Gunung Semeru, Cantik tapi Parasit

  • Whatsapp
Bunga verbena. Foto: Haikal
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Bunga Verbena Brasiliensis merupakan bunga indah berwarna ungu yang dapat dijumpai setelah berhasil menaklukkan “tanjakan cinta” yang tak jauh dari Ranu Kumbolo.

Bunga tersebut sejatinya merupakan tumbuhan parasit yang harus diwaspadai. Pasalnya tumbuhan semak yang mempunyai bunga yang sekilas mirip lavender tersebut membuat tumbuhan disekitarnya mati.

Baca Juga

Pendaki melintasi hamparan Verbena brasiliensis di padang rumput (savana) Oro-Oro Ombo Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) pada Selasa, 4 Juni 2013. Tanaman semak tahunan yang berasal dari Amerika Selatan itu mirip bunga lavender. Meski tampak indah, kemunculan tanaman itu mulai mengancam spesies tanaman asli TNBTS, termasuk padang rumput di Oro-Oro Ombo. TEMPO/Abdi Purmono

Akar Verbena sangat kuat menyedot air (termasuk zat hara), sehingga tumbuhan sekitarnya akan layu karena kekurangan air.

BACA JUGA: Ayo Piknik!!! 555 Tempat Wisata Jatim Dibuka

Pengelola Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mengijinkan pendaki untuk mencabut bunga itu, bahkan dipersilahkan untuk membawanya pulang.

Namun pihak TNBTS juga memperingatkan jika bunga tersebut berkembang biak dengan sangat mudah melalui bijinya.

Oleh sebab itu, TNBTS menganjurkan untuk tidak sembarangan tempat ketika meletakkan bunga tersebut. Dikhawatirkan nantinya akan bisa mematikan tanaman sekitarnya.

BACA JUGA: Lembah Indah Malang, Paket Lengkap Wisata Bareng Keluarga

Disisi lain, padang Verbena yang terhampar di Oro-Oro Ombo memberikan variasi warna ungu yang diapit warna hijau dari bukit-bukit sekitarnya.

Padang Verbena menjadi tempat favorit pendaki untuk berfoto-foto karena keindahannya. (kal)

Post Terkait

banner 468x60