Bukit Jaddih Madura, Bungker Belanda Kini Jadi Tempat Wisata

  • Whatsapp
Pengunjung
Wisata Bukit Jaddih Madura (explore madura)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – BANGKALAN – Madura memiliki salah satu destinasi wisata yang menawan, Bukit Jaddih. Tak heran, jika bebatuan kapur putih yang terletak di Jakan, Parseh, Socah, Kabupaten Bangkalan, Madura memikat hati para wisatawan mancanegara maupun domestik untuk mengunjungi tempat wisata ini.

Bukit Jaddih merupakan bungker bekas peninggalan Belanda. Bungker tersebut dahulu dijadikan tempat penyimpanan senjata. Kemudian, Bukit Jaddih jadi tempat penambangan kapur hingga saat ini.

BACA JUGA: Kepingan Surga Bisa Kamu Temukan di Pantai Ora – Nusadaily.com

Bukit Jaddih memang belum terkondisi dengan baik secara tata kelola, karena pada dasarnya masing-masing area memiliki pengelola sendiri-sendiri (ibarat tanah masing-masing), sehingga banyak warga setempat menarik biaya sendiri-sendiri diberbagai lokasi. Tak heran, jika masih banyak pungli atau penarikan karcis non resmi.

Untuk menuju destinasi ini, pengunjung bisa menggunakan roda dua dan roda empat. Untuk keamanan, jalan menuju Bukit Jaddih memang agak rawan (begal). Alangkah baiknya jika menggunakan roda dua harus secara bergerombol atau menunggu ada rombongan sepeda motor yang lain.

BACA JUGA: Ada di Ubud Hotel Paling Romantis di Dunia, Letaknya di Tepi Air Terjun – Noktahmerah.com

Berlayar di Danau Diantara Bukit Kapur

Berlayar di Bukit Jaddih (nyobamoto.com)

Salah besar jika mengira berwisata di sini hanya untuk menaiki bukit kapur. Berwisata di Bukit Jaddih semakin berkesan dengan pengalaman berlayar di danau. Ada sejumlah rakit yang siap mengantar pengunjung menjelajah danau bernama Danau Biru ini.

Satu rakit bisa diisi 6-7 orang. Seraya menyusuri danau, pengunjung dapat melihat pemandangan menakjubkan destinasi bekas penyimpanan senjata ini. Airnya yang masih alami cukup luas untuk diarungi. Pengunjung pun bisa meminta guide untuk berhenti dan berfoto di tempat yang menarik.

Spot Foto Menarik
Pengunjung mengabadikan momen di Bukit Jaddih
Foto Prewedding di Bukit Jaddih (maduracity)

Mengabadikan momen saat berkunjung ke Bukit Jaddih adalah sebuah keharusan. Banyak pengunjung yang datang kesana rela berpanas-panasan di tengah Bukit Jaddih untuk menghasilkan hasil foto yang sangat instagramable. Kerap dijadikan sasaran lokasi foto untuk pra dan post-wedding dengan nuansa alam memikat.

BACA JUGA: Momen Liburan Natal dan Tahun Baru, Jalur Laut Surabaya-Madura Lengang – Javasatu.com

Oleh-oleh di Goa Pote (Gua Putih)

Toko Goa Pote

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu tempat wisata tanpa membawa pulang oleh-oleh. Di toko goa pote ini pengunjung dapat membeli baju, makanan, dan souvenir khas Madura lainnya.

Pesona Bukit Jaddih yang dulunya merupakan bungker Belanda sangat layak dikunjungi kalian pecinta traveler.(eky)