Asyiknya Berwisata di Kawah Sikidang Dieng Jawa Tengah

  • Whatsapp
Eksotisnya wsata Kawah Sikidang di Gunung Dieng Jawa Tengah (foto: booprimera.com)
banner 468x60


NUSADAILY.COM – WONOSOBO – Pergi ke kawasan Gunung Dieng adalah pergi ke tempat-tempat yang sejuk nan indah. Kawasan dataran tinggi di Jawa Tengah yang berada wilayah kabupaten Banjarnegara dan kabupaten Wonosobo menyuguhkan pemandangan dan suasana yang begitu istimewa.

"
"

Baca Juga

"
"

Di sana banyak tempat wisatanya, dan salah satu obyek wisata di Dieng yang banyak diminati oleh para wisatawan adalah Kawah Sikidang. Sebagaimana ditulis Ade Kamaliyah di kompasiana, Kawah Sikidang merupakan cekungan berisi kawah yang timbul karena aktivitas gunung berapi di Dataran Tinggi Dieng. Apia tau asap dari kawah muncul dari tanah yang berada di lokasi tersebut. Jumlah kawahnya banyak dan kecil-kecil.

Yang menarik kawah ini bisa didatangi dengan jarak dekat. Sehingga pengunjung bisa menikmati sensasinya dengan maksimal. Hal ini lah yang kemudian menarik perhatian dari para pengunjung karena dapat melihat secara langsung fenomena aneh yang tidak mungkin dapat disaksikan di daerah lain.

Kawah Sikidang merupakan kawah yang terpopuler dan terbesar di Dieng. Lokasinya mudah dijangkau fasilitas yang ada cukup lengkap.Seperti musala, toilet, area parkir yang luas, pusat perbelanjaan dan beberapa penduduk lokal banyak yang berjualan batu belerang di sekitar lokasi kawah.

Di pintu masuk Kawah Sikidang, terdapat tempat penyewaan sepeda. Sepeda ini bisa digunakan untuk mengelilingi Kawah Sikidang. Tarif penyewaan sepeda sebesar Rp. 10.000,- bisa digunakan sepuasnya untuk mengelilingi objek wisata tersebut. Tidak ada batasan waktu penyewaan.

Jadi kita bisa dengan santai bersepedaan di objek wisata tersebut sambil menikmati Pesona Kawah Sikidang. Selain ada sewa sepeda, di sekitar kawah ada juga yang menyewakan Burung Hantu dan Kuda untuk berfoto bareng. Untuk berkeliling menggunakan kuda cukup membayar Rp.20.000 sedangkan untuk berfoto cukup membayar Rp.5.000.

Pengunjung Harus Waspada, Karena Gas Mengandung Belerang yang Tinggi

Namun perlu diingat bahwa seperti pada kawah-kawah yang lain, Kawah Sikidang ini mengandung kandungan belerang yang cukup tinggi. Sehingga gas yang keluar juga mengandung belerang yang dapat berbahaya bagi kesehatan.

Untuk tujuan keamanan bagi pengunjung di sekitar kawah Sikidang sudah dibangun pagar yang terbuat dari kayu, yang fungsinya sebagai pembatas agar tidak ada pengunjung yang tercebur dalam kawah atau terkena dampak dari gas beracun Kawah Sikidang. Sebagai tindakan pencegahan sebaiknya anda tidak berada melewati batas pagar kayu serta selalu gunakan masker pelindung hidung yang banyak dijual di sekitar parkiran Kawasan Wisata Kawah Sikidang Dieng.

Keistimewaan kawah Sikidang adalah lokasinya terletak di sebuah tanah yang datar sehingga pengunjung dapat melihat dengan jelas adanya letusan di permukaan kawah serta adanya gas yang muncul dari Kawah Sikidang ini. Biasanya kawah dari sebuah gunung terletak di puncak gunung sehingga menyulitkan dalam mencapainya. itu pun kadang kawah yang ada terletak jauh di kedalaman kubah sehingga tidak mudah untuk melihatnya.(aka)

Post Terkait

banner 468x60