8 Pantai Mistis Kabupaten Malang yang Bikin Ngeri

  • Whatsapp
instagram.com/_robya
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Setelah sebelumnya nusadaily.com membahas air terjun (coban) dalam wisata ngeri, masih di Malang Raya, lebih tepatnya Kabupaten Malang yang dikelilingi puluhan pantai dari yang sudah terjamah, masih asri, ada juga yang sudah ditutup.

Selain kecantikan dan keindahan alam yang tak ada duanya. Apalagi suara pasir tersapu ombak menciptakan sensasi menenangkan dan nyaman.

Baca Juga

Namun di balik semua itu, pantai juga tak lepas dari kisah mistis atau horor yang bikin merinding. Begitu pula beberapa pantai di Malang yang menghadap langsung ke Laut Selatan yang konon adalah terdapat Nyi Roro Kidul.

Berikut nusadaily.com merangkum dari idntimes.com 8 pantai ngeri yang dikenal mistis di Malang.

Sudah pernah kunjungi yang mana saja kamu?

1. Pantai Ngliyep

Pantai yang terletak di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur sekitar 62 km arah selatan dari Kota Malang. Pantai Ngliyep punya pulau kecil bernama Gunung Kombang di tengah laut.

Pantai Ngliyep
instagram.com/m.sairoji.a

Konon, pulau ini menjadi lokasi favorit Nyi Roro Kidul untuk berkunjung. Sebab, sebelum menjadi Ratu Selatan, ia selalu bertapa di Gunung Kombang. 

2. Pantai Bantol

Pantai Bantol berlokasi di Dusun Sumberceleng, Desa Banjarejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai Bantol ini kali pertama diperkenalkan oleh Bayan Diyat. Ia adalah seorang perantauan yang ingin mencari penghidupan baru di bibir pantai.

Pantai Bantol
instagram.com/intan_nuril

Mata pencaharian warga sekitar Pantai Bantol adalah nelayan. Seorang nelayan mengaku sering melihat sinar putih aneh saat berlayar. Gak hanya itu, mereka pun sering didatangi sosok misterius di dalam mimpi.

Dan baru-baru ini juga ada penemuan mayat tanpa kepala oleh wisatawan yang hendak buang air kecil.

3. Pantai Balekambang

Pantai Kabupaten Malang yang paling terkenal dikalangan wisatawan dari berbagai daerah, pantai yang mirip Tanah Lot di Bali ini terletak di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pantai Balekambang
instagram.com/galehdirgantara

Kabarnya dijaga oleh Hanoman, seekor kera tetapi bisa berbicara. Selain Hanoman, ada penjaga lain yaitu Joko Tirto yang menjaga lautan, sehingga kamu pun harus selalu menjaga etika. 

4. Pantai Jembatan Panjang

Sebelum beranjak dari Balekambang, ada sebuah pantai yang bernama Jembatan Panjang, di dekat pantai, ada pulau kecil yang dihubungkan jembatan panjang.

Konon, jembatan yang berada di atas pantai tersebut sudah berkali-kali diperbaiki. Namun, perbaikan jembatan itu tidak pernah berhasil karena tidak disetujui oleh “penghuninya” (makhluk halus) yang mendiami kawasan pantai ini.

Pantai Jembatan Panjang
instagram.com/wandek_27

Selain itu, mitos lain yang berkembang di masyarakat adalah tempat tersebut digunakan sebagai tempat pertapaan yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun. Kemungkinan besar jika jembatan itu diperbaiki dan pertapa tersebut belum selesai melakukan kegiatan ritualnya, maka usaha renovasi jembatan akan sia-sia. Hal ini yang membuat jembatan di pantai ini sering patah tepat di tengah-tengah.

5. Pantai Goa Cina

Ada Goa misterius yang menurut cerita yang beredar di masyarakat, sekitar 20 tahun yang lalu digunakan seorang biksu Cina sebagai pertapaan, biksu tersebut bertapa hingga ajalnya menjemput.

Pantai Goa Cina
instagram.com/callmeandre

Akhirnya mayat pertapa tersebut ditemukan oleh masyarakat dan anehnya yang ditemukan hanya tulang belulang dan sebuah tulisan mandarin kuno. Hingga saat ini belum diketahui identitas dari petapa tersebut serta penyebab kematiannya secara pasti.

6. Pantai Bajulmati

Pantai Bajul Mati berada di Desa Bajulmati, Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur di Kabupaten Malang. Pantai ini terkesan menyeramkan ketika baru mendengarnya, sebab dari namanya saja sudah terdengar beda dari yang lain.

Pantai Bajul Mati
instagram.com/kurniawan_dony

Saat berkunjung ke pantai ini, ada batu karang yang bentuknya menyerupai buaya. Saat malam hari, konon batu karang yang tersapu ombak akan berubah menjadi buaya hidup. Serem banget, ya!

7. Pantai Segoro Anakan

Lokasi Pantai Segoro Anakan lumayan sulit untuk dilalui sebab harus menyusuri hutan Pulau Sempu, dan pengunjung diharuskan mencari jalan yang tertutup oleh rimbunnya pohon, kamu harus sangat hati-hati saat menyusuri jalan, sebab salah jalan sedikit saja kamu akan tersesat.

Pantai Segoro Anakan
instagram.com/estpr

Sudah banyak yang menjadi korban tersesat di Pulau Sempu ini. Ada yang ditemukan ada pula yang tinggal nama. Namun sekarang Pulau Sempu ditutup untuk umum karena digunakan untuk cagar alam.

8. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna sebenarnya bersebelahan dengan Pantai Sendang Biru. Sesuai namanya, pantai ini terlihat memiliki warna air yang berbeda-beda jika dilihat dari atas.

Ternyata, warna yang berbeda-beda ini dihasilkan oleh alga-alga yang tumbuh di sekitar bibir pantai. Warna alga tersebut membuat pantai menjadi seolah memiliki tiga warna.

Instagram @cmctigawarna

Pantai ini sering jadi jujugan lokasi camping yang seru. Pada saat wisatawan camping ditempat yang sudah disediakan, tiba-tiba mendengar suara tawa perempuan Padahal, tak ada siapa pun, lho!

Itulah beberapa pantai yang dikenal mistis di Malang. Tak perlu takut mengunjunginya meski dikenal mistis. Selama kamu menjaga sikap baik, percayalah tak akan terjadi hal-hal buruk. Kamu sudah pernah mengunjungi yang mana, nih? (ark)