7 Strategi Dapat Tiket Pesawat Super Murah, Coba Cara Ini Pasti Berhasil!

  • Whatsapp
Tiket
Ilustrasi tiket pesawat (Liputan6.com/Andri Wiranuari)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Siapa sih, yang enggak kepingin dapatkan tiket pesawat murah? Tentu tiket pesawat murah selalu menjadi incaran banyak orang yang akan bepergian, baik itu untuk urusan bisnis atau sekadar liburan.

Jika berhasil mendapatkan tiket pesawat murah, kamu bisa lebih berhemat dan menggunakan sisa dari bujetmu untuk keperluan lainnya, misalnya saja wisata kuliner atau membeli oleh-oleh.

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Secara umum, upaya berburu tiket pesawat murah ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu mengandalkan usaha sendiri dan bantuan pihak lain.

BACA JUGA: PPKM Darurat Berlaku, Sektor Pariwisata Membeku – Nusadaily.com

Agar lebih jelas, berikut Nusadaily rangkum 7 strategi mendapat tiket pesawat murah, apa saja?

1. Beli satu paket dengan hotel

Kalau kamu berencana bermalam di hotel, alangkah baiknya kamu bisa memesan tiket pesawat + hotel untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Apalagi sekarang banyak Online Travel Agent (OTA) yang telah menyediakan pemesanan satu paket, tiket pesawat include dengan hotel. Selain itu, prosesnya juga lebih mudah.

2. Beli tiket rombongan atau terpisah

Salah satu hal yang mempengaruhi harga tiket pesawat adalah lokasi bangku yang kamu duduki nantinya. Misalnya, bangku yang lebih dekat dengan ruang mesin cenderung dihargai lebih rendah dibanding bangku lain karena penumpang yang duduk di sana diperkirakan akan merasa kurang nyaman dengan deru suara mesin.

Lalu, apa hubungannya hal ini dengan membeli tiket terpisah untuk rombongan? Mari membuat perkiraan harga biar lebih mudah menghitungnya.

Misalnya saja, harga tiket penerbangan dari Jakarta ke Surabaya adalah Rp300.000 per orang untuk bangku dekat ruang mesin, dan Rp500.000 per orang untuk bangku lain.

Katakanlah, kamu akan berangkat dengan rombongan lima orang. Sedangkan harga tiket yang Rp300.000 hanya tersisa tiga bangku. Maka, hasil pencarianmu di sistem untuk tiket pesawat lima orang sekaligus tidak akan menampilkan harga Rp300.000 karena tidak mencukupi untuk jumlah anggota rombonganmu.

Inilah mengapa kamu disarankan untuk memesan tiket secara individu dibandingkan rombongan. Jika memesannya secara individu, kamu masih berkesempatan mendapatkan tiga tiket seharga Rp300.000 per orang, dan dua sisanya dikenai masing-masing Rp500.000.

3. Gunakan dua maskapai berbeda

Jika perjalananmu membutuhkan dua kali penerbangan alias transit atau pun rute pulang pergi, tak ada salahnya untuk menggunakan dua maskapai yang berbeda. Karena tak ada jaminan bahwa kamu akan mendapatkan harga tiket yang lebih murah jika menggunakan satu maskapai yang sama.

Tak ada salahnya lakukan riset singkat dengan cara membandingkan harga tiket pesawat di beberapa maskapai, lalu pilih yang termurah dan jadwal terbangnya sesuai dengan kebutuhanmu.

4. Pilih waktu pemesanan

Pukul 23.00 merupakan waktu terbaik memesan tiket pesawat. Hal ini disampaikan oleh Head of Operation Departement pegipegi.com, Steven Widi HS.

“Maskapai sendiri punya sistem namanya seat control. Jadi untuk membatalkan pemesanan tiket pesawat yang tidak aktif. Biasanya orang booking dulu dan belum bayar. Jam 11 itu saatnya maskapai cancel reservasi yang tidak aktif,” kata Widi.

Ketika pembatalan pesanan dibuka, secara otomatis semua kursi di sistem pemesanan terlepas. Kamu bisa manfaatkan momen ini.

5. Pilih hari pemesanan

Sebuah penelitian di Amerika Serikat dan Eropa mengungkapkan waktu terbaik memesan tiket adalah hari Minggu. Sedangkan waktu berangkat terbaik jatuh pada Selasa dan Rabu. Saat itu tiket pesawat biasanya lebih murah.

6. Pilih jadwal low season

Sebaiknya tunda pembelian jika sedang dalam masa high season seperti musim liburan atau libur nasional, karena harga tiket biasanya jauh lebih mahal. Jika ingin pergi saat high season, kamu bisa memesan jauh-jauh hari. Sekitar tiga bulan sebelum berangkat.

BACA JUGA: 61 Pesawat Tempur TNI AU ‘Gempur’ Jawa Timur – Javasatu.com

7. Cari promo bank

Kamu mungkin sudah tak asing lagi dengan fakta bahwa memiliki kartu kredit bisa menghadirkan banyak keuntungan buatmu. Saat ini sudah banyak Online Travel Agent sering mengadakan promo khusus pemegang kartu kredit tertentu, bahkan promo itu bisa berupa cicilan hingga 0%.

Tanpa kamu sadari, membayar dengan cara mencicil menggunakan kartu kredit juga merupakan sebuah keuntungan buatmu. Kamu jadi tak merasa terlalu terbebani karena tak harus melunasi biaya tiket pesawat di awal.(eky)