Tips Menghilangkan Bau pada Miss V agar Percaya Diri

Vagina sebenarnya membersihkan dirinya secara alami. Vagina memiliki bau alami yang berbeda-beda setiap wanita. Siklus menstruasi dapat menyebabkan miss V beraroma seperti logam. Hubungan seksual juga dapat mengubah bau miss V sementara waktu.

May 11, 2024 - 20:26
Tips Menghilangkan Bau pada Miss V agar Percaya Diri

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Miss V atau vagina merupakan organ intim perempuan. Pada dasarnya, aroma yang kurang sedap pada vagina yang tidak biasa terjadi dari waktu ke waktu bahkan saat sudah terawat dengan baik. Yang tidak normal adalah bau yang persisten atau kuat.

Bau tak sedap pada vagina bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, terutama saat tiba waktunya momen intim bersama pasangan. Ada beberapa cara menghilangkan bau pada miss V agar semakin percaya diri saat berhubungan seks.

Vagina sebenarnya membersihkan dirinya secara alami. Vagina memiliki bau alami yang berbeda-beda setiap wanita. Siklus menstruasi dapat menyebabkan miss V beraroma seperti logam. Hubungan seksual juga dapat mengubah bau miss V sementara waktu.

Jika bau vagina sudah terlalu kuat dan berlebihan, bisa jadi pertanda masalah. Melansir berbagai sumber, berikut beberapa cara menghilangkan bau pada miss V.

1. Cuci secara teratur

Mencuci miss V secara teratur dapat menghilangkan bau vagina yang sering muncul dengan cara membasuhnya setiap hari dengan air hangat. Anda bisa menggunakan sabun alami yang lembut untuk mencuci di sekitar area vagina.

Pilihlah sabun dengan pH netral. Jangan gunakan sabun berpewangi atau pencuci badan. Wewangian dan bahan kimia lain dapat mengganggu pH alami vagina. Pembersihan ini dapat menghilangkan kulit mati, keringat, dan kotoran pada miss V.

2. Ganti celana dalam

Melansir Healthline, bau pada miss V juga dapat disebabkan oleh bahan celana dalam. Jika biasa menggunakan celana berbahan satin, sutra, atau poliester, cobalah mengganti bahan celana dalam menjadi katun.

Bahan katun dapat membuat sirkulasi udara lebih lancar serta menghilangkan keringat dan cairan dari tubuh. Kelembaban yang berlebihan akibat bahan celana dalam dapat mengganggu bakteri alami di vagina.

3. Pakai menstrual cup

Pembalut wanita sering kali menimbulkan bau yang lebih menyengat. Cobalah beralih ke menstrual cup atau tampon saat menstruasi, dan tetap pastikan untuk menggantinya secara rutin.

4. Mandi dengan cuka sari apel

Mengutip laman Dr. Axe, cuka sari apel mengandung sifat antibakteri dan antiseptik yang luar biasa yang dapat membantu melawan bau vagina.

Mandi atau berendam dengan cuka sari apel dapat membantu melawan racun dan bakteri yang menyebabkan bau vagina sekaligus mengembalikan kualitas asam pada flora vagina.

Anda juga bisa minum segelas air yang dicampur dengan satu atau dua sendok makan cuka sari apel setiap hari.

5. Pakai baking soda

Baking soda atau soda kue dapat digunakan untuk menyeimbangkan tingkat pH dalam tubuh. Ketika tingkat pH seimbang, masalah bau vagina akan menghilang.

Anda cukup menambahkan setengah cangkir soda kue ke dalam air mandi dan berendamlah selama sekitar 15-20 menit. Kemudian keringkan tubuh Anda secara menyeluruh sebelum mengenakan pakaian.

Pastikan untuk tidak membiarkan kelembapan berada di lipatan atau area selangkangan tubuh.

6. Konsumsi probiotik

Miso, kimchi, asinan kubis, yogurt, dan kefir adalah pilihan makanan probiotik yang baik. Yogurt probiotik, misalnya, kaya akan bakteri lactobacillus, yang membantu melawan infeksi candida, penyebab umum bau vagina.

Probiotik juga dapat membantu mengembalikan tingkat pH vagina yang normal, yang dapat menghilangkan bau vagina.

7. Kurangi makan manis dan banyak minum air putih

Melansir Medical News Today, mengonsumsi makanan manis dapat memicu pertumbuhan ragi yang berlebihan, yang dapat memperkuat bau vagina.

Perempuan juga perlu minum banyak air putih. Pasalnya, tetap terhidrasi dengan baik dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang berlebihan. Hal ini juga dapat mencegah keringat berbau tidak sedap, sehingga bau vagina tidak terlalu menyengat.

8. Pakai tea tree oil

Penelitian menunjukkan tea tree oil atau minyak esensial lainnya dapat menghilangkan bau vagina. Minyak esensial ini memiliki sifat antimikroba dan antijamur alami yang dapat membantu mengurangi dan menghilangkan bakteri.

Cara menggunakannya, pertama campur beberapa tetes tea tree oil dengan air. Lalu oleskan satu atau dua tetes ke bagian luar vagina. Ulangi hal ini selama tiga hingga lima hari. Jika gejala membaik atau memburuk, hentikan penggunaan.

9. Ubah pola makan

Ada banyak makanan yang memengaruhi pH tubuh yang akan meningkatkan peradangan dan pertumbuhan bakteri. Kurangi konsumsi bawang, brokoli, asparagus, rempah-rempah dan kopi untuk mengurangi bau dari vagina. Konsumsi daging, produk susu, dan alkohol juga dapat membuat bau Miss V menjadi lebih tajam.

Sebaiknya, konsumsi aneka buah sitrus seperti jeruk dapat menyamarkan wangi miss V.(han)