Timur Leste Diakui Jadi Anggota Kesebelas ASEAN

ASEAN sepakat untuk mengakui Timor Leste menjadi anggota kesebelasnya. Kesepakatan tersebut tercapai dalam pertemuan para pemimpin ASEAN di Kamboja pada hari ini, Jumat (11/11/2022).

Timur Leste Diakui Jadi Anggota Kesebelas ASEAN
Pertemuan para pemimpin ASEAN di Kamboja. (Arsip Biro Pers Sekretariat Presiden)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - ASEAN sepakat untuk mengakui Timor Leste menjadi anggota kesebelasnya. Kesepakatan tersebut tercapai dalam pertemuan para pemimpin ASEAN di Kamboja pada hari ini, Jumat (11/11/2022).

"Komunitas Ekonomi ASEAN dan Komunitas Sosio-Budaya ASEAN sepakat secara prinsip untuk mengakui Timor Leste menjadi anggota kesebelas ASEAN," demikian pernyataan para pemimpin ASEAN.

Selain itu, para pemimpin ASEAN juga sepakat untuk memberikan status pemantau bagi Timor Leste. Dengan demikian, Timor Leste diizinkan berpartisipasi dalam semua pertemuan ASEAN.

BACA JUGA: Menlu China Bertemu Delegasi Diplomatik Negara Perhimpunan...

Untuk meresmikan jalan menuju keanggotaan resmi Timor Leste, ASEAN akan menyusun Roadmap. Peta jalan itu kemudian akan dilaporkan di konferensi tingkat tinggi ASEAN ke-42.

“Semua Negara Anggota ASEAN dan rekan-rekan eksternal harus mendukung penuh Timor Leste untuk menggapai pencapaian-pencapaian melalui bantuan pembangunan kapasitas dan dukungan lain untuk keanggotaan di ASEAN," demikian poin terakhir kesepakatan tersebut, melansir CNN Indonesia.

BACA JUGA: Ini Alasan Bahasa Indonesia Layak jadi Bahasa Kedua ASEAN

Timor Leste memang sudah sejak lama ingin menjadi anggota ASEAN. Namun, langkah Timor Leste selalu terjegal berbagai kepentingan.

Indonesia sendiri selalu mendukung keanggotaan Timor Leste di ASEAN. Menjelang keketuaan Indonesia di periode selanjutnya, Presiden Joko Widodo sudah sempat menegaskan dukungan untuk menyambut Timor Leste di ASEAN.(lna)