Tiga Pelanggaran Ini Tak Bisa Ditolelrir di Piala Dunia

Tiga Pelanggaran Ini Tak Bisa Ditolelrir di Piala Dunia

NUSADAILY.COM | JAKARTA - Kepala Komite Wasit FIFA, Pierluigi Collina, mengungkap tiga pelanggaran yang tak bisa diterima di Piala Dunia 2022 di Qatar. Tak ada jenis foul baru yang akan mendapatkan kartu merah langsung.

Bertempat di Qatar National Convention Center, Jumat (18/11/2022), Komite Wasit FIFA memberikan beberapa briefing untuk pewarta. Salah satu poin yang disampaikan adalah mengenai pelanggaran yang tak dapat ditolerir.

Pada contoh pelanggaran pertama, Collina memberi contoh tackle dari belakang. Setelah itu, terjangan dari samping yang mengenai tulang kering lawan juga tak bisa diterima oleh wasit.

Mengangkat kaki terlalu tinggi juga akan mendapatkan hukuman berat. Masih ingat tendangan Nigel de Jong ke arah Xabi Alonso saat Belanda vs Spanyol? Aksi seperti itu juga tak termaafkan. Satu pelanggaran lagi yang akan mendapatkan hukuman berat ada gerakan tangan ke arah muka lawan saat berlari atau perebutan bola.

"Piala Dunia adalah event olahraga yang penting, kami sangat berkomitmen, FIFA sangat berkomitmen untuk menjaga citra dari pertandingan," kata Collina kepada pewarta.

Dukungan untuk para wasit disampaikan langsung oleh presiden FIFA, Gianni Infantino. Tim wasit disebut menjadi pihak yang paling penting dalam perhelatan ini.

"Wasit seperti yang bisa anda lihat, buat kami, bukan hanya satu tim, tapi Team One. Tim yang paling penting di Piala Dunia adalah wasit. Kalau tak ada tim ini, maka tak ada Piala Dunia," kata Infantino.

"Penting untuk menyampaikan dukungan penuh kami, dukungan penuh saya secara pribadi untuk tim wasit. Ada 129 orang match official yang bertugas, dari 47 negara, enam benua, ini kembali menjadi pesan sepakbola menyatukan dunia, juga pada dunia perwasitan dan ada juga enam wanita. Yang terpenting ada 129 orang wasit top melakukan tugas yang paling sulit," kata dia menambahkan,

Dari 129 orang yang bertugas, rinciannya ada 36 wasit utama, 69 asisten wasit, dan 24 orang yang bertugas sebagai video match officials (VMOs).

Tiga wasit wanita yang akan bertugas di Piala Dunia 2022 ada Stephanie Frappart (Prancis), Salima Mukansanga (Rwanda), dan Yoshimi Yamashita (Jepang). (wan)