Tiga Orang Tewas dalam Baku Tembak Pasukan Separatis dan Pemberontak di Thailand

Konflik telah membara di provinsi paling selatan negara itu sejak 2004, menewaskan lebih dari 7.000 orang

Jan 22, 2023 - 04:00
Tiga Orang Tewas dalam Baku Tembak Pasukan Separatis dan Pemberontak di Thailand
Ilustrasi Pistol

NUSADAILY.COM – THAILAND - Tiga orang tewas dalam baku tembak di hutan antara pasukan pemerintah dan pemberontak separatis di wilayah Thailand selatan yang bergolak.

Dilansir kantor berita AFP, Sabtu (21/1/2023), konflik telah membara di provinsi paling selatan negara itu sejak 2004, menewaskan lebih dari 7.000 orang. Di wilayah mayoritas Muslim tersebut, para pemberontak berjuang untuk otonomi yang lebih besar dari pemerintah Thailand.

BACA JUGA : Kronologi Baku Tembak Polisi dengan KKB

Kepolisian Thailand mengatakan, para polisi dan tentara Thailand pada hari Jumat (20/1) mendaki gunung di provinsi Narathiwat, di mana mereka bertemu dengan kelompok separatis bersenjata yang mulai melepaskan tembakan.

"Mereka mulai menembaki kami sehingga kami harus membalas, yang menyebabkan tiga orang tewas," kata kepala polisi setempat Suthon Sukwiset kepada AFP.

"Kami menemukan tiga M16 milik mereka dan telah menyitanya," ujarnya

Tidak ada polisi atau tentara yang tewas atau terluka dalam operasi yang berlangsung setidaknya lima jam itu.

BACA JUGA : Artis Cilik Dinda Ghania Sambut Penampilan Perdananya di Layar Lebar

Thailand selatan yang dijaga ketat oleh pasukan keamanan, secara budaya berbeda dari wilayah-wilayah Thailand lainnya yang mayoritas Buddha.

Tahun lalu, perwakilan pemerintah Thailand dan kelompok pemberontak Barisan Revolusi Nasional bertemu di Kuala Lumpur, Malaysia tahun lalu untuk pembicaraan damai langsung pertama mereka dalam waktu sekitar dua tahun. Namun, tidak ada terobosan yang dicapai dalam pertemuan itu. (ros)