Teroris dan Kelompok Ekstrimis Merajalela di Afrika

-Terorisme meningkat di seluruh Afrika, memanfaatkan ketidakstabilan dan konflik, kata Amina Mohammed Wakil Sekretaris Jenderal PBB

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Terorisme meningkat di seluruh Afrika, memanfaatkan ketidakstabilan dan konflik, kata Amina Mohammed Wakil Sekretaris Jenderal PBB Kamis (10/11).

ilustrasi tuklisan terorisme sumber istockphoto

Melansir Xinhua, "teroris dan ekstremis kekerasan termasuk Daesh, Al-Qaida sudah mengeksploitasi ketidakstabilan dan konflik untuk meningkatkan aktivitas mereka dan mempergiat serangan di seluruh benua," kata wakil kepala PBB pada debat tingkat tinggi Dewan Keamanan mengenai "Kontra-Terorisme in Africa - an Imperative for Peace, Security and Development" atas nama Sekretaris Jenderal Antonio Guterres.

"Kekerasan mereka yang tidak masuk akal dan dipicu teror membunuh dan melukai ribuan orang, yang terus menderita akibat dampak terorisme yang lebih luas pada kehidupan dan mata pencaharian mereka," katanya.

"Teroris dan kelompok ekstremis kekerasan memperburuk ketidakstabilan dan penderitaan manusia. Dan mereka bisa menjerumuskan negara yang baru bangkit dari perang kembali masuk kedalaman konflik," kata Mohammed.

Baca Juga:Kejam! Pria Afrika Selatan Lakukan 93 Kasus Pemerkosaan,...

Sementara itu, teroris, kelompok bersenjata non-negara dan jaringan kriminal sering mengejar agenda dan strategi yang berbeda, didorong oleh penyelundupan, perdagangan manusia, dan metode pendanaan gelap lainnya, terkadang menyamar sebagai angkatan bersenjata yang sah, kata wakil kepala PBB.

Dan ketika alat digital menyebarkan kebencian dan disinformasi, teroris dan kelompok kriminal lainnya mengeksploitasi ketegangan antar-komunal dan kerawanan pangan yang dipicu oleh perubahan iklim, tambahnya.

Di dunia yang sangat terhubung saat ini, Mohammed mengatakan, penyebaran terorisme di Afrika "bukanlah menjadi perhatian negara-negara anggota Afrika saja."

"Tantangannya milik kita semua. Melawan terorisme internasional membutuhkan tanggapan multilateral yang efektif," tambahnya.

Menjabarkan lima saran untuk meningkatkan upaya kontra-terorisme di Afrika, Mohammed mengingatkan bahwa "pencegahan tetap adalah respons terbaik kami."

Baca Juga:Ukraina Timur Makin Membara, Rusia Rugi Gila-gilaan

"Kita harus mengatasi ketidakstabilan dan konflik yang dapat mengarah pada terorisme sejak awal, serta kondisi yang dimanfaatkan oleh teroris untuk mengejar agenda mereka."

Wakil Sekjen PBB menyerukan pendekatan "seluruh masyarakat" yang berbasis komunitas dan sensitif gender dan termasuk saran lain yaitu  "pendanaan berkelanjutan dan dapat diprediksi" guna  mencegah dan melawan terorisme. (mdr1/lna)