Terbongkar, Ini Sosok Rambut Putih yang Dimaksud Jokowi

Siapakah yang dimaksud dengan rambut putih yang disampaikan Presiden Joko Widodo. “Ditafsirkan apa pun silakan, tetapi dalam orang bekerja, kalau kerjanya sungguh-sungguh, pasti mempengaruhi fisik,

Terbongkar, Ini Sosok Rambut Putih yang Dimaksud Jokowi
Presiden Jokowi (humas Pemkot Pontianak)

PONTIANAK.NUSADAILY.COM – Siapakah yang dimaksud dengan rambut putih yang disampaikan  Presiden Joko Widodo.  “Ditafsirkan apa pun silakan, tetapi dalam orang bekerja, kalau kerjanya sungguh-sungguh, pasti mempengaruhi fisik,” kata Jokowi sambil terkekeh usai meresmikan Pembukaan Bahaupm Bide Bahana Tariu Borneo Bangkule Rajaking (TBBR) atau temu akbar pasukan merah yang digelar di Rumah Radakng Pontianak, Kalimantan Barat  (Kalbar), Selasa (29/11/2022) sebagaimana dilansir dari kompas.com.

Jokowi melanjutkan, orang atau pemimpin yang berpikir bisa saja memiliki kerutan di wajahnya menjadi banyak dan, jika berpikirnya berlebihan dan keras, bisa juga membuat rambut menjadi putih. Jokowi mengisyaratkan, pernyataan tersebut tidak bermaksud menyebut sosok tertentu karena banyak tokoh berambut putih di Indonesia.  

“Kan gitu saja. Rambut putih kan banyak banget, Pak Basuki, Pak Hatta Rajasa, Pak Ganjar, Pak Prabowo juga agak putih,” ucap Jokowi.

Di hadapan ribuan orang, Jokowi menyebutkan ciri-ciri pemimpin yang menurutnya betul-betul memikirkan rakyat. Hal itu, kata dia, bisa dilihat dari fisiknya, antara lain, raut mukanya berkerut serta rambutnya putih.

"Saya ulang, jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya, dari kerutan di wajahnya, kalau wajahnya cling, bersih, tidak ada kerutan di wajahnya, hati hati. Lihat juga, lihat rambut rambutnya, kalau rambutnya putih semua ini mikir rakyat ini," kata Jokowi.

Pernyataan Jokowi itu lantas disebut-sebut mengarah ke Ganjar Pranowo. Sebab, politisi PDI-P tersebut berambut putih. Sebelum ini, Presiden Jokowi juga pernah melempar pernyataan yang seolah-olah memberi restu ke Ganjar buat maju pilpres 2024. Dalam rapat kerja nasional Rakernas V Relawan Pro Jokowi (Projo) Mei lalu, Ketua Dewan Pembina Projo itu mengatakan, jangan terburu-buru perihal politik sekalipun mungkin yang mereka dukung hadir di tengah-tengah Rakernas.

Dalam acara tersebut, salah satunya hadir Ganjar Pranowo. "Jangan tergesa-gesa, jangan tergesa-gesa. Meskipun, meskipun, mungkin yang kita dukung ada di sini," kata Jokowi di Magelang, Jawa Tengah, pada 21 Mei 2022.(*)