Tebak-tebakan Pelatih Pengganti Pilihan Shin Tae-yong untuk SEA Games 2023

Shin Tae-yong belum memilih pelatih yang akan menangani Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023. PSSI pun masih menantikan keputusan pelatih asal Korea.

Tebak-tebakan Pelatih Pengganti Pilihan Shin Tae-yong untuk SEA Games 2023
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (KOMPAS.com/Adil Nursalam)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Shin Tae-yong belum memilih pelatih yang akan menangani Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023. PSSI pun masih menantikan keputusan pelatih asal Korea.

Penunjukan pelatih pengganti ini harus dilakukan mengingat SEA Games akan bentrok dengan gelaran Piala Dunia U-20 2023. SEA Games akan berlangsung pada 5-16 Mei, sedangkan Piala Dunia U-20 akan mulai digelar lima hari setelahnya.

BACA JUGA: Jelang Piala Dunia, Messi Khawatir Senasib dengan Dybala dan DI Maria


Shin Tae-yong dipastikan akan keteteran jika menangani dua tim di dua ajang berbeda yang jadwalnya berdekatan. Untuk itu, kini sedang dicari pelatih untuk menangani Timnas U-23 buat ajang SEA Games.

"Kalau SEA Games akan didiskusikan dengan Coach Shin. Siapa yang kira-kira bisa," kata Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri dilansir dari detiksport, Sabtu (22/10/2022).

"Karena bagaimanapun Timnas U-23 di bawah Shin Tae-yong. Jadi akan diskusikan siapa kira-kira pelatih yang akan memegang Timnas U-23," ujarnya menambahkan.

Adapun Indra Sjafri sempat disebut-sebut bisa menjadi kandidatnya. Apalagi ia juga punya pengalaman menangani Timnas U-22 di SEA Games 2019.

Selain itu, ada juga Bima Sakti yang dinilai bisa ditunjuk. Sebab, tak ada event besar bersama Timnas Indonesia U-16 pasca gagal lolos ke Piala Asia U-17 2023.

BACA JUGA: Komnas HAM Minta Keterangan Suporter Timnas Indonesia soal Tragedi Kanjuruhan


Khusus Bima Sakti, ia sudah menyatakan belum mempertimbangkan peluang menangani Timnas U-23 di SEA Games. Ia menilai bahwa masih banyak pelatih lain yang lebih layak ketimbang dirinya.

"Banyak yang lebih kompeten dan siap. Saya serahkan ke PSSI, tapi saya akan support karena kita masih ada Asian Youth Games. Saya lebih baik pelatih lain yang bisa berkoordinasi dengan coach STY," ucap Bima Sakti di Stadion Pakansari usai Timnas U-17 kalah di tangan Malaysia U-17, Minggu (9/10).(eky)