Tak Temukan Titik Terang, Pencarian Pesawat Milik Pendiri McFit yang Jatuh Akhirnya Dihentikan

Sebelas hari yang lalu, pesawat milik pengusaha Jerman Rainer Schaller jatuh ke Laut Karibia dinyatakan hilangan. Sekarang penjaga pantai Kosta Rika telah mengakhiri pekerjaan pencarian. Empat orang masih hilang.

Tak Temukan Titik Terang, Pencarian Pesawat Milik Pendiri McFit yang Jatuh Akhirnya Dihentikan
Pesawat dan Pendiri McFit

NUSADAILY.COM – LIMÓN - Sebelas hari yang lalu, pesawat milik pengusaha Jerman Rainer Schaller jatuh ke Laut Karibia dinyatakan hilangan. Sekarang penjaga pantai Kosta Rika telah mengakhiri pekerjaan pencarian. Empat orang masih hilang.

Tidak ada lagi harapan untuk membuat penemuan yang ditargetkan. Sebelas hari setelah kecelakaan pesawat pribadi pengusaha Jerman Rainer Schaller di lepas pantai Kosta Rika, operasi pencarian akhirnya dihentikan.

Rainer Schaller

Tidak ada bukti lebih lanjut yang ditemukan, ujar direktur Penjaga Pantai Kosta Rika, Martín Arias, Selasa (waktu setempat). Empat dari enam orang yang berada di dalam pesawat masih hilang.

BACA JUGA : China Southern Batalkan Pengembalian Boeing 737 MAX

"Kami telah melakukan segala yang mungkin secara manusiawi," ujar Arias. Sejauh ini, hanya mayat seorang anak dan seorang pria yang ditemukan. Awalnya tidak diungkapkan siapa yang tewas. Menurut Menteri Keamanan Jorge Torres, kerabat dari salah satu korban mengunjungi lokasi kecelakaan pada hari Selasa.

Pendiri McFit Schaller, rekannya, dua anak, seorang pilot berkebangsaan Jerman dan Swiss berada di dalam pesawat pribadi tersebut pada saat kecelakaan pada 21 Oktober. Pesawat itu datang dari Meksiko dan jatuh ke laut dekat pantai Karibia Kosta Rika. Penyebab kecelakaan masih belum jelas.

Komunikasi dengan mesin Piaggio P.180 Avanti terputus saat pesawat mendekati Bandara Limón di pantai Karibia di atas laut, ujar pihak berwenang setempat.

"Pesawat hilang dari radar sekitar 25 mil dari bandara Limón," ujar Fernando Naranjo, direktur otoritas penerbangan sipil.

BACA JUGA : Badai Orlende Hantam Pantai Pasifik Barat Meksiko

Pesawat Tidak Memiliki Rekaman Penerbangan

Sekitar 60 layanan darurat terlibat dalam pencarian. Beberapa di antaranya harus menghadapi kondisi cuaca buruk.

Dalam konsultasi dengan pihak berwenang negara tetangga, puing-puing juga dicari di perairan Panama dari udara. Arus laut juga akan diperhitungkan dalam pencarian, ujar Menteri Torres pada akhir Oktober.

Pesawat pribadi tidak memiliki rekaman penerbangan atau perangkat untuk merekam komunikasi. Karena ukuran pesawat yang kecil, mereka tidak wajib memiliki, menurut pihak berwenang Kosta Rika.(jrm3/lal)