Tampilan Baru TMII Lebih Rapi Usai Renovasi

Baru pada Januari 2022, revitalisasi di TMII akhirnya mulai dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di bawah pimpinan Menteri Basuki Hadimuljono.

NUSADAILY.COM- JAKARTA - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur, telah dibuka kembali pada Minggu (20/11/2022) setelah revitalisasi. Namun, pembukaan kembali ini masih secara terbatas.
Kendati demikian, publik cukup antusias berkunjung ke TMII, karena penasaran seperti apa wajah baru objek wisata yang dibangun sejak 1972 itu. Sebab, sejak pertama kali diresmikan pada 1975, TMII belum pernah direnovasi.

BACA JUGA : BMKG Prediksi Hujan Guyur Wilayah DKI Jakarta Hari Ini

Baru pada Januari 2022, revitalisasi di TMII akhirnya mulai dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di bawah pimpinan Menteri Basuki Hadimuljono.

Lalu, apa saja yang direvitalisasi di TMII? Cakupan PUPR dalam merevitalisasi TMII cukup banyak antara lain, renovasi museum, penataan lanskap anjungan dan pedestrian, penataan gedung utama, renovasi joglo (Sasono Utomo, Sasono Langen Budoyo, dan Sasono Adiguno), gedung pengelola, area parkir, hingga penataan outer ring (halte).

BACA JUGA : Polisi Temukan Feses saat Autopsi Jenazah Keluarga Kalideres

Bosan ke Mal? Yuk Sesekali Menikmati Karya Seni di Museum
Sering Lihat di Kota Tua, Ada Apa Sih di Museum Bank Indonesia?
Urban Forest Cipete, Spot Healing Baru Anak Jaksel
Selain itu, lanskap pulau-pulau di danau Archipelago juga ditata (pedestrian, amphitheater, dan promenade), renovasi Keong Mas, renovasi eks Museum Telkom, renovasi eks Teater Garuda, pembangunan Community Center, Viewing Tower, pedestrian anjungan, serta struktur parkir (elevated).

Kini kamu bisa melihat lebih banyak ruang terbuka hijau di TMII. Selain itu, dengan wajah yang baru, TMII juga sekarang lebih ramah untuk pejalan kaki.

Pulau-pulau di Danau Archipelago saat memasuki malam akan terang, karena dipasangi instalasi lampu sehingga tampak bercahaya dengan indah ketika dilihat dari atas. Di sekeliling danau pun lebih rapi dan asri. TMII sekarang memang lebih ramah lingkungan.

Belum lagi beragam wahana yang kini lebih menarik dan menghibur, serta mengedukasi. Wahana-wahana yang bisa dinikmati pengunjung selama uji pembukaan terbatas TMII antara lain, Istana Anak-Anak Indonesia, Teater IMAX Keong Mas, Kereta Gantung, Monorel Titihan Samirono, Taman Budaya Tionghoa Indonesia, Taman Among Putro Skyworld, Snowbay Waterpark, dan lain-lain.

TMII dikenal juga memiliki banyak museum yang menambah pengetahuan. Jika sudah rindu untuk berkunjung ke museum, di TMII kamu bisa melihat tak kurang dari 19 museum, beberapa di antaranya Museum Pusaka, Museum Olahraga, Museum Asmat, Museum Serangga, Museum Penerangan, dan lain-lain.

Jangan lupa, masih ada anjungan provinsi di Indonesia di TMII, yang sekarang tercatat jumlahnya ada 33 Anjungan Daerah, yang berdiri mengelilingi Danau Archipelago. Tiap anjungan provinsi menampilkan sekurangnya tiga bentuk rumah adat khas daerah.

Untuk harga tiket masuk TMII dengan wajah barunya pun masih terjangkau. Berdasarkan situs resmi TMII, Tiket Pintu Masuk: Rp25 ribu, Tiket Wahana Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga: Rp35 ribu, Tiket Wahana Taman Burung: Rp30 ribu, Tiket Wahana Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia: Rp25 ribu.

Namun, tiket bisa dibeli secara online lewat tamanmini.com dan pembelian on the spot, pembayarannya juga dilakukan secara non-tunai melalui QRIS atau e-wallet.(ris)