Tak Ikut KTT G20 Bali, Ma’ruf Amin Fokus Jaga Gawang di Jakarta!

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin tidak menghadiri agenda konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 di Bali. Juru bicara Wapres Masduki Baidlowi mengatakan Ma'ruf tengah menjalankan tugas-tugas kenegaraan di Jakarta.

Tak Ikut KTT G20 Bali, Ma’ruf Amin Fokus Jaga Gawang di Jakarta!
Wakil Presiden RI, KH Ma;ruf Amin (Foto: BPMI Setwapres)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin tidak menghadiri agenda konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 di Bali. Juru bicara Wapres Masduki Baidlowi mengatakan Ma'ruf tengah menjalankan tugas-tugas kenegaraan di Jakarta.

"Wapres memang ada agenda lain, kedua memang supaya apa istilahnya... jaga gawanglah, jaga gawang di Jakarta nggak ada orang, semuanya ke Bali," kata Masduki dilansir dari detikcom, Rabu (16/11/2022).

BACA JUGA: Momen Akrab Prabowo dan Presiden Macron di KTT G20 Bali


Ma'ruf Amin disebut mendapatkan penugasan dari Presiden Jokowi yang menghadiri agenda G20 di Bali. Ma'ruf Amin juga menerima tamu-tamu dari Jakarta.

"Namanya wapres itu kan di mana ada ruang kosong penugasan dilakukan dan wapres dan wapres banyak sekali mendapatkan limpahan-limpahan tugas dari presiden dalam konteks ketika presiden banyak mengerjakan tugas-tugas penting di G20," jelasnya.

"Lebih fokus kalau kemudian jaga gawang di Jakarta. Kayak kemarin menerima Muhammadiyah, kemudian ada Pj Gubernur DOB Papua. Besok kita ada penugasan dari presiden ke Hahal 20 di Semarang. Jadi banyak kerja-kerja kenegaraan yang bisa di-handle di Jakarta tidak semuanya harus ke Bali," imbuhnya.

BACA JUGA: Melihat Perang Mulut Antara Biden dan Xi Jinping di KTT G20 Bali


Lebih lanjut, Masduki mengatakan bahwa presiden dan wakil presiden adalah satu paket. Keduanya, menurut dia, bekerja sama, namun tak harus di satu tempat.

"Dan itu juga ingin menunjukkan bahwa antara presiden dan wakil presiden itu, sebagai yang dikatakan Pak JK (Jusuf Kalla) itu bagaimana nyetel antara presiden dan wakil presiden itu satu paket, sana kerja apa, ini kerja apa, itu satu paket, satu irama tapi tidak harus di satu tempat," jelasnya.(eky)