Tak Hanya Sehat, Ternyata Jahe Juga Ampuh untuk Diet Turunkan Berat Badan

Jahe adalah salah satu rempah yang tak asing di lidah orang Indonesia. Biasa digunakan sebagai bumbu untuk masakan. Bisa juga dimanfaatkan untuk membuat minuman herbal.

Tak Hanya Sehat, Ternyata Jahe Juga Ampuh untuk Diet Turunkan Berat Badan
Foto ilustrasi.

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Jahe adalah salah satu rempah yang tak asing di lidah orang Indonesia. Biasa digunakan sebagai bumbu untuk masakan. Bisa juga dimanfaatkan untuk membuat minuman herbal.

Di luar itu, jahe ternyata bisa membantu diet Anda. Jahe untuk mengecilkan perut diyakini jadi salah satu manfaat tersembunyinya.

Jahe untuk mengecilkan perut dan menurunkan berat badan

Jahe memang kaya manfaat. Jahe bisa digunakan untuk mengurangi radang, merangsang pencernaan, hingga menekan nafsu makan. Sifat-sifat ini membuat beberapa orang yakni bahwa jahe bisa membantu menurunkan berat badan.

Menukil laman Medical News Today, sebuah review yang dilakukan pada 2017 lalu menemukan senyawa yang disebut zingerone dan shogaol dalam jahe dapat membantu menurunkan berat badan. Senyawa ini bermanfaat dalam proses membakar dan menyimpan lemak.

BACA JUGA : Ini 9 Makanan yang Dapat Membantu Pemulihan Pasien Penyakit Ginjal

Bukan hanya itu, studi pada 2015 juga menemukan jahe bisa menekan nafsu makan. Studi ini meminta wanita dengan obesitas mengonsumsi dua tablet jahe bubuk seberat 1 gram per hari selama 12 minggu. Hasilnya mereka mengalami penurunan nafsu makan dan ukuran tubuh yang signifikan.

Beberapa penelitian juga menemukan hal serupa. Meski tidak semua orang efektif mengalami penurunan berat badan signifikan, tapi jahe memiliki khasiat yang lumayan ampuh.

Bukti saat ini berkaitan dengan jahe untuk menurunkan berat badan cukup menjanjikan tetapi beragam. Para ilmuwan perlu melakukan lebih banyak penelitian tentang topik-topik ini sebelum mereka dapat menarik kesimpulan yang tegas.

Terlepas dari berbagai penelitian tersebut, ada beberapa alasan kenapa jahe bisa membuat perut kecil dan menurunkan berat badan. Berikut alasannya sebagaimana dilansir Health Shots:

1. Menekan nafsu makan

Jahe bisa menyerap nutrisi baik dan melepaskan energi secara maksimal. Makanya ketika Anda makan jahe, keinginan untuk makan pun secara berangsur hilang. Dengan kata lain, jahe membuat Anda kenyang lebih lama.

BACA JUGA : Ini 9 Jenis Makanan yang Efektif untuk Cegah Kanker Otak

2. Punya efek anti-obesitas

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of The Science of Food and Agriculture, gingerol adalah bahan utama yang membantu menurunkan berat badan. Karena lipid ini, makanan dicerna lebih cepat di tubuh dan juga meningkatkan laju metabolisme.

3. Membantu memulihkan sel

Konsumsi antioksidan adalah hal penting saat Anda hendak menurunkan berat badan. Antioksidan membantu mengendalikan radikal bebas yang merusak sel-sel di tubuh. Jahe memiliki antioksidan dan sifat anti-inflamasinya mencegah gangguan pencernaan, kembung, dan masalah pencernaan lainnya.

Lantas bagaimana memanfaatkan jahe agar bisa mengecilkan perut dan menurunkan berat badan?

Hanya memakan jahe, tanpa campuran tertentu sebenarnya sudah cukup baik untuk menurunkan berat badan. Tapi rasa jahe yang pedas dan bisa membuat kebas mungkin membuat Anda berpikir dua kali untuk memakannya.(lal)