Tak Hanya Jakarta-Bandung, Menhub Sebut Proyek Kereta Cepat Akan Lanjut Sampai Surabaya

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut, proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan diperpanjang. Setelah Jakarta-Bandung, proyek kereta cepat akan dilanjutkan untuk rute Jakarta-Surabaya.

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut, proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan diperpanjang. Setelah Jakarta-Bandung, proyek kereta cepat akan dilanjutkan untuk rute Jakarta-Surabaya.

Budi Karya mengatakan akan mengawal proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya. Dengan adanya kereta cepat, maka Jakarta ke Surabaya bisa ditempuh dalam waktu 4 jam.

BACA JUGA: TransJakarta dan Kereta Cepat Indonesia China Teken MoU


"Pak Presiden sebagai pemimpin yang visioner meletakkan dasar-dasar MRT, yang kami kawal berikutnya akan meletakkan dasar-dasar kereta cepat. Rencananya Jakarta-Surabaya, Jakarta-Surabaya ditempuh kurang dari 4 jam," katanya dalam acara Seminar Nasional 'Sustainable Smart Transportation', Kamis (27/10/2022).

"Tahap pertama kita membuat Jakarta-Bandung nah ini harus dikawal, makin banyak yang mengawal makin bagus," tambahnya.

Menurut Budi Karya, pembangunan kereta cepat Jakarta-Surabaya bisa dilakukan.

"Kereta cepat juga gitu membangunnya ko Jakarta-Bandung ya, banyak kok-nya gitu, tapi kalau kita yakin bahwa ini akan kita bangun Jakarta-Surabaya, bayangkan 4 jam," terang Budi Karya.

BACA JUGA: Ngeri! Seorang Pria di Jerman Alami Luka Sayat Saat Berdebat di Sebuah Kereta Cepat


Mantan bos Angkasa Pura II ini juga menuturkan, perencanaan kereta cepat Jakarta-Surabaya sedang disusun. Menurutnya, perencanaan itu tak mungkin dilakukan tanpa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Kita kawal bener kereta cepat ini. Konsep perencanaannya sedang dilaksanakan sama-sama, karena nggak mungkin tanpa PU kita jalanin. Jadi rencana itu Jakarta, Karawang, Bandung, Kertajati, Purwokerto terus Jogja, Solo, Madiun, Surabaya 4 jam," jelasnya.(eky)