Surya Buka MTQ ke-54 Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2023

Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-54 Tingkat Kabupaten Asahan yang dilaksanakan di Desa Perkebunan Aek Tarum Kecamatan Bandar Pulau dibuka langsung oleh Bupati Asahan H. Surya, BSc, Senin (27/02/2023).

Surya Buka MTQ ke-54 Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2023

NUSADAILY.COM - ASAHAN - Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-54 Tingkat Kabupaten Asahan yang dilaksanakan di Desa Perkebunan Aek Tarum Kecamatan Bandar Pulau dibuka langsung oleh Bupati Asahan H. Surya, BSc, Senin (27/02/2023).

Pembukaan MTQ ke-54 ini diawali dengan pawai ta'aruf yang diikuti Kafilah dari 25 Kecamatan se-Kabupaten Asahan, Camat, ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan, Drumband, Anak Sekolah dan masyarakat Kecamatan Bandar Pulau.

Pawai ta'aruf sendiri dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Asahan, Ketua DPRD Kabupaten Asahan beserta Istri, Kajari Asahan beserta Istri, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Mewakili Dandim 0208/Asahan, Mewakili Danlanal TBA, Mewakili Kapolres Asahan, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Para Asisten, General Maneger Field PT. Bridgestone Sumatera Rubber Estate OPD, Kakankemenag Kabupaten Asahan, Camat, ASN di Lingkungan Pemkab Asahan, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan beserta pengurus.

Ketua DWP Kabupaten Asahan beserta pengurus, Ketua LPTQ Kabupaten Asahan, Ketua Imtaq Kabupaten Asahan, Ketua MUI Kabupaten Asahan dan tamu undangan lainnya. 

Usai melaksanakan pawai ta'aruf, Bupati Asahan beserta rombongan menuju mimbar utama yang berada di Lapangan Sepak Bola Dusun I Perkebunan Aek Tarum untuk membuka MTQ ke-54 Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2023. 

Ketua Panitia Pelaksana MTQN Ke-54 Tingkat Kabupaten Asahan Buwono Prawana, SIP, M. Si dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini berdasarkan Surat Keputusan Bupati Asahan Nomor : 100.3.3.2-23.1-1.3 Tanggal 15 Februari 2023 Tentang Pembentukan Panitia Penyelenggara MTQ ke-54 Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2023. Lebih lanjut Ketua Panitia yang juga merupakan Asisten I Pemerintah  dan Kesra tersebut menyampaikan, bahwa kegiatan ini  dilaksanakan selama 7 hari sejak tanggal 27 Februari 2023 sampai dengan 05 Maret 2023, dan diikuti oleh 25 Kecamatan se-Kabupaten Asahan dengan jumlah peserta sebanyak 940 orang terdiri dari 473 Putra dan 467 Putri.

Selanjutnya Buwono menyampaikan, adapun cabang yang akan dipertandingkan adalah Cabang Tilawah, Hifzil Qur'an, Hifzil Hadist, Khattil Qur'an, Fahmil Qur'an, Syarhil Qur'an, Qira'ah Sab'ah Mujawwad, Qira'ah Sab'ah Murottal dan Karta Tulis Al-Qur'an.

 "Bagi para pemenang dan peserta terbaik nantinya akan diberikan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Asahan berupa Piagam, Throphy dan uang tunai", tandasnya.

Sementara General Maneger Field PT. Bridgestone Sumatera Rubber Estate Ir. H. Gatot Andrianto mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang telah mempercayakan PT. Bridgestone menjadi lokasi disenggarakannya MTQ ke-54 Tingkat Kabupaten Asahan.(Ega)