Super Air Jet Buka Rute Baru Manado-Balikpapan Mulai April 2023

Mar 6, 2023 - 03:00
Super Air Jet Buka Rute Baru Manado-Balikpapan Mulai April 2023
Ilustrasi Maskapai Super Air Jet (Dok. Super Air Jet)

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Super Air Jet membuka rute penerbangan Manado ke Balikpapan mulai April 2023. Tambahan rute yang menghubungkan Sulawesi Utara dengan Kalimantan Timur itu untuk mendukung konektivitas di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Dalam rangka menyambut diresmikannya IKN Indonesia mendatang, Super Air Jet turut serta hadir dalam mendukung kesiapan moda transportasi di sektor udara menuju ibu kota baru negara Indonesia," kata Direktur Utama Super Air Jet Ari Azhari dalam keterangan tertulis, Minggu (5/3/2023).

Ari menjelaskan maskapai akan mengoperasikan pesawat Airbus A320 generasi modern dengan kapasitas 180 penumpang dan terbang 7 kali dalam seminggu.

Penerbangan dijadwalkan berangkat dari Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Manado (MDC) ke Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan (BPN).

"Dengan tambahan rute baru yang menghubungkan Sulawesi Utara dengan Kalimantan Timur, semakin mempermudah dan memperluas jaringan pengalaman generasi muda untuk terbang di Indonesia," tutur Ari.

Alasan pembukaan rute Manado ke Balikpapan diambil karena terdapat permintaan cukup tinggi bagi yang ingin melakukan perjalanan langsung antara kedua kota itu. Di sisi lain, harapannya dapat meningkatkan konektivitas dan pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

"Dengan semakin mudahnya akses transportasi antara kedua kota ini, dapat meningkatkan mobilitas orang dan barang serta mendukung pertumbuhan bisnis dan pariwisata," ujarnya.(eky)