Sujatno Resmi Mendaftar sebagai Calon Bupati Magetan di 4 Partai Berikut Ini

Sujatno berharap mendapatkan rekomendasi dari keempat partai tersebut untuk mewujudkan visinya membangun Magetan.

May 21, 2024 - 17:43
Sujatno Resmi Mendaftar sebagai Calon Bupati Magetan di 4 Partai Berikut Ini
Sujatno serahkan berkas pendaftaran bacabup Magetan ke- DPD PAN Magatan. Nusadaily/ Riyanto

Magetan, Nusadaily.com - Sujatno, Ketua DPRD Magetan, secara resmi mendaftarkan diri sebagai calon Bupati Magetan melalui empat partai politik. Yaitu PDIP sendiri, kemudian Partai Demokrat dan hari ini, Selasa (21/05/2024) dua partai sekaligus Gerindra, dan Partai Amanat Nasional (PAN). 

Sujatno datang dengan diantar pengurus dan PAC ke- kantor DPC Partai Gerindra dan DPD PAN untuk menyerahkan formulir silaturahmi penjajakan calon bupati dan wakil bupati.

Sujatno mengungkapkan bahwa kunjungannya ke Partai Gerindra dan PAN merupakan bagian dari komitmen koalisi yang telah terbentuk, diresmikan melalui memorandum of understanding (MoU). 

"Kami mengikuti mekanisme dan proses selanjutnya. Kami sudah sampaikan maksud dan tujuan kami. PAN ini juga banyak rekan saya kami sering berkoordinasi terkait Magetan bersama," ujarnya.

Sujatno berharap mendapatkan rekomendasi dari keempat partai tersebut untuk mewujudkan visinya membangun Magetan. Mengenai calon wakil bupati, ia menyatakan akan berdiskusi lebih lanjut melalui komunikasi politik. 

"Jika memang dari keempat partai ini saya dapat rekomendasi, ya tentu kami bisa wujudkan dan membangun Magetan yang potensinya luar biasa," tambah Ketua DPC PDIP Magetan tersebut.

Sujatno, menambahkan bakal mendaftar ke partai non-koalisi di masa depan. Namun, ia memilih untuk tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai rencananya. 

"Ya nanti dilihat ya. Bisa jadi saya daftar ke- yang non-koalisi. Nanti lah dilihat bagaimana," katanya.

Di sisi lain, Ketua DPC Partai Gerindra Magetan, Puthut Pujiono, menyatakan bahwa partainya memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi semua kandidat untuk melakukan penjajakan. 

"Ini sudah dua orang yang resmi bersilaturahmi ke Gerindra. Ini akan kami sampaikan ke DPD dan DPP. Tunggu nanti keputusannya bagaimana. Tidak ada yang diunggulkan meski Pak Jatno memang sudah dari koalisi," jelas Puthut.

Ketua DPD PAN Magetan, Dwi Aryanto, juga menegaskan bahwa partainya telah membuka pendaftaran bagi calon bupati. Selain Sujatno, ada beberapa calon lain yang telah mengambil formulir, namun belum ada konfirmasi lebih lanjut mengenai pengembalian berkas pendaftaran. 

"Memang sudah ada yang lain yang mengambil formulir. Namun, belum konfirmasi lagi kelanjutannya bagaimana. Kemudian, kalau mandat, dari DPP dan DPW belum ada arahan ke DPD menunjuk siapa," kata Dwi.

Dengan langkah ini, Sujatno semakin memperkuat posisinya dalam bursa pencalonan Bupati Magetan, menunjukkan keseriusan dan komitmennya untuk membangun daerah tersebut melalui berbagai dukungan politik.(nto).