Suasana Stasiun Pasar Senen hingga H-1 Lebaran: Masih Dipadati Pemudik

Calon penumpang terlihat membawa barang bawaan, seperti koper, tas besar, dan kardus. Ramainya pemudik menyebabkan tak ada tempat duduk tersisa di ruang tunggu stasiun.

Suasana Stasiun Pasar Senen hingga H-1 Lebaran: Masih Dipadati Pemudik
Kondisi Stasiun Pasar Senen H-1 Lebaran 2023 (Rumondang/detikcom)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Geliat mudik Lebaran masih terlihat di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Sehari menjelang hari raya Idul Fitri 1444 H atau H-1 Lebaran 2023, Stasiun Pasar Senen masih dipadati pemudik.

Pantauan pada Jumat (21/4/2023) pukul 09.48 WIB, ruang tunggu stasiun terlihat ramai calon penumpang. Ada rombongan keluarga, ada juga warga yang bepergian seorang diri maupun berpasangan.

Calon penumpang terlihat membawa barang bawaan, seperti koper, tas besar, dan kardus. Ramainya pemudik menyebabkan tak ada tempat duduk tersisa di ruang tunggu stasiun.

Sebagian pemudik memilih duduk di lantai depan pintu masuk stasiun karena tempat duduk untuk menunggu penuh. Berbagai arahan untuk pemudik terus terdengar melalui pengeras suara.

PT KAI memperkirakan pada H-1 lebaran hari ini masih menjadi puncak arus mudik kereta api. Dia menyatakan puncak arus mudik kereta api dimulai sejak 18 April lalu.

Eva melaporkan keterisian tempat duduk bahkan mencapai 100 persen pada 18-21 April 2023. Pada hari ini, sebanyak 24 ribu penumpang berangkat dari Pasar Senen dengan 32 kereta api dan 18,5 ribu penumpang dari Stasiun Gambir dengan 38 kereta api.

"Secara total okupansi keterisian tempat duduk dari pemberangkatan KA di area Daop 1 Jakarta mencapai 100 persen," ucapnya.

Sementara itu, Eva menyebut, berdasarkan data Jumat 21 April 2023, sekitar 600 ribu tiket untuk keberangkatan masa angkutan Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual. Dari jumlah tersebut, mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit adalah tanggal 14-23 April 2023.

"Berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 90 hingga 100 persen dengan volume penumpang berangkat tertinggi tercatat pada tanggal 18, 19, 20 dan 21 April 2023, di mana tingkat okupansi atau keterisian tempat duduk mencapai 100 persen. Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit diantaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung," ujarnya.(eky)