Suasana Nyaman Bikin Biden Kerasan di Bali, Bilang ‘Tak Ingin Pulang’ ke Jokowi

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tampaknya sangat menikmati waktunya di Bali selama kunjungannya untuk KTT G20.

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tampaknya sangat menikmati waktunya di Bali selama kunjungannya untuk KTT G20. Bahkan Biden sempat melontarkan celetukan kepada Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) yang mengisyaratkan dirinya kerasan di Bali.

"Saya tidak berpikir saya akan pulang," canda Biden kepada Jokowi dalam pertemuan kedua pemimpin, menunjukkan antusiasme pada pantai yang membentang di luar hotel yang menjadi tempatnya menginap, seperti dilansir AFP, Selasa (15/11/2022).

BACA JUGA: Bocoran Menu Makan Siang Para Kepala Negara G20 di Bali


Saat menggelar konferensi pers pada Senin (14/11) malam di area taman tropis di kompleks hotel, kata-kata pertama Biden yang diucapkan kepada wartawan adalah: "Selamat datang di Bali."

Kalimat yang diucapkan Biden sembari tertawa kecil itu diduga merujuk pada hal-hal yang dirasakan para delegasi asing di Bali dalam rangkaian KTT G20, mulai dari cuaca yang lembap, dekorasi yang menakjubkan hingga suasana alam yang melimpah yang sangat kontras dengan formalitas kaku di Gedung Putih.

Suasana tropis di Bali tampaknya membuat suasana hati Biden juga menjadi cerah. Hal itu terlihat jelas saat dia bertemu dengan Presiden China Xi Jinping pada Senin (14/11) petang. Biden terlihat memancarkan kepercayaan diri dan wajah yang cerah saat menyapa Xi dengan senyuman dan jabat tangan hangat.

Keduanya sudah saling mengenal sejak lama, namun pertemuan di Bali menjadi yang pertama dilakukan secara langsung sejak Biden menjabat Presiden AS.

Sambil tersenyum, Biden berjalan ke arah Xi dan menjabat tangannya. Keduanya lebih tampak seperti teman lama yang bertemu di resort tropis yang indah daripada dua sosok yang bermusuhan.

"Saya sangat senang bisa bertemu dengan Anda lagi secara langsung. Kita menghabiskan banyak waktu bersama-sama dan -- kembali ke masa-masa ketika kita sama-sama wakil presiden, dan sangat senang bertemu dengan Anda," ucap Biden kepada Xi dalam pertemuan itu.

Xi yang selama ini tidak dikenal dengan kehangatannya di depan umum, juga sepertinya terbawa suasana tropis di Bali. Dia menekankan bahwa dirinya dan Biden telah melakukan banyak percakapan telepon dan saling berkirim surat, namun tidak ada yang bisa 'menggantikan pertemuan tatap muka'.

"Kita akhirnya melakukan pertemuan tatap muka ini," ucapnya kepada Biden.

Foto-foto yang dijepret media menunjukkan keduanya 'berjabat tangan dan tersenyum'.

Terlepas dari itu, kunjungan ke Bali dilakukan Biden setelah mengunjungi Mesir dalam rangka KTT Perubahan Iklim atau COP27 dan Kamboja dalam rangka KTT ASEAN. Kepada wartawan, Biden sempat mengakui dirinya sedikit merasa tidak enak badan.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Makan Siang Bersama Para Pemimpin G20, Ada Erdogan-Pangeran MBS


Namun secara keseluruhan, menurut AFP, raut wajah Biden menunjukkan 'pure Bali' yang merujuk pada raut wajah yang menunjukkan kelegaan.

Biden dijadwalkan akan kembali ke Washington DC dengan Air Force One pada Rabu (16/11) besok. Di AS, dia akan disambut dengan kemenangan Partai Demokrat dalam pemilu sela 8 November lalu, khususnya atas kendali Senat AS.

Kepada wartawan yang mendampinginya di Bali, Biden pun sempat melontarkan candaan. "Saya rasa kalian semua akan berenang setelah ini. Tidak jauh, kok," ucap Biden menggoda para wartawan.(eky)