Suasana Berkabung, Perayaan HUT Kota Batu di Bulan Oktober 'Hening'

Segala event yang bersifat suka cita merayakan HUT ke 21 Kota Batu ditunda penyelenggaraanya pada November, tepat sebulan menjelang akhir jabatan kepala daerah. Hal itu sebagai bentuk ungkapan berkabung pasca tragedi Kanjuruhan yang menelan ratusan korban jiwa.

Suasana Berkabung, Perayaan HUT Kota Batu di Bulan Oktober 'Hening'
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menyampaikan rangkaian acara HUT Kota Batu yang digelar tanpa kemeriahan di bulan Oktober.

NUSADAILY.COM - KOTA BATU – Kota Batu genap berusia 21 tahun pada 17 Oktober nanti. Gegap gempita perayaan memeriahkan HUT Kota Batu tak akan dirasakan di bulan Oktober ini. Segala event yang bersifat suka cita ditunda penyelenggaraanya pada November, tepat sebulan menjelang akhir jabatan kepala daerah.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menyampaikan alasan penundaan event suka cita merayakan HUT ke 21 Kota Batu.

Hal itu sebagai bentuk ungkapan berkabung pasca tragedi Kanjuruhan yang menelan ratusan korban jiwa. Kegiatan yang dilakukan pada Oktober ini lebih mengarah pada acara-acara rutin peringatan HUT Kota Batu.

BACA JUGA: Polri Akan Autopsi Korban Tragedi Kanjuruhan Pekan Depan!

"Pastinya yang bersifat tradisi akan tetap digelar. Seperti ziarah ke beberapa makam leluhur. Kemudian ziarah makam Wali Kota Batu pertama, almarhum Imam Kabul dan wakilnya almarhum H. Khudori serta mantan Ketua DPRD, Mashuri Abdul Rohim," ujar Dewanti.

Tradisi lainnya mengunjungi tokoh-tokoh yang tergabung dalam Pokja Pembentukan Kota Batu. Tokoh-tokoh ini memiliki andil besar dalam memperjuangkan Kota Batu hingga akhirnya menjadi pemerintahan otonom. Dulunya berstatus kecamatan dalam wilayah administrasi Kabupaten Malang.

BACA JUGA: Tragedi Kanjuruhan, AFC Sampaikan Duka Mendalam untuk Sepakbola Indonesia

"Kemudian, kami akan membagikan tumpeng ke panti-panti asuhan. Tepat pada 17 Oktober digelar upacara peringatan HUT-21 Kota Batu bersamaan dengan HUT ke 77 Pemprov Jatim," imbuh dia.(oer/lna)