Sstt... Ini Bocoran Calon Panglima TNI Pilihan Jokowi dari Anggota DPR RI

Eks Wakil Ketua Komisi I itu menyebut Presiden hanya mengajukan satu nama calon Panglima TNI. Menurut dia, pengajuan nama itu sudah menjadi ketentuan setiap pergantian orang nomor satu di angkatan bersenjata Indonesia itu. "Ya menurut informasi, ya memang aturannya satu nama," ujar dia. Surpres pergantian Panglima TNI akan diantarkan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno ke Ketua DPR Puan Maharani. Surpres tersebut akan diserahkan pada sore hari ini.

Sstt... Ini Bocoran Calon Panglima TNI Pilihan Jokowi dari Anggota DPR RI

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Anggota Komisi I TB Hasanuddin membocorkan suksesor Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dikatakan, Surat Presiden (Surpres) tentang pergantian Panglima TNI bakal diserahkan ke DPR hari ini. 

 

"Saya dapat informasi bahwa yang ditunjuk itu adalah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, selesai," kata Hasanuddin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 28 Oktober 2022.
 
Eks Wakil Ketua Komisi I itu menyebut Presiden hanya mengajukan satu nama calon Panglima TNI. Menurut dia, pengajuan nama itu sudah menjadi ketentuan setiap pergantian orang nomor satu di angkatan bersenjata Indonesia itu.


"Ya menurut informasi, ya memang aturannya satu nama," ujar dia.
 

Surpres pergantian Panglima TNI akan diantarkan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno ke Ketua DPR Puan Maharani. Surpres tersebut akan diserahkan pada sore hari ini. 
 
DPR berjanji akan memproses cepat surpres pergantian Panglima TNI. Pasalnya, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bakal memasuki usia pensiun pada Desember 2022.
 
Di sisi lain, DPR akan mengakhiri Masa Persidangan II Tahun 2022-2023 pada pertengahan Desember 2022. Sehingga, proses pergantian Panglima TNI harus dilakukan dengan cepat.
 
Komisi I DPR menyampaikan siap menjalankan tugas tersebut. Berdasarkan keterangan Ketua Komisi I Meutya Hafid, uji kepatutan dan kelayakan calon Panglima TNI diperkirakan bakal dilakukan pada pekan ini.(sir/han)