Pelatih Puji Pemain Indonesia Patriots Sebagai Masa Depan Timnas

  • Whatsapp
Calon pemain naturalisasi asal Senegal Dame Diagne (kanan) melakukan selebrasi bersama rekannya di Indonesia Patriots Sultan Fauzan selepas mencetak angka dalam lanjutan Seri II IBL 2021 melawan Bali United Basketball di gelembung Robinson Resort, Bogor, Minggu (21/3/2021). (HO/IBL)

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Pelatih kepala tim nasional bola basket Indonesia Rajko Toroman memuji pemain Indonesia Patriots sebagai masa depan timnas untuk FIBA World Cup 2023 saat Indonesia bertindak sebagai tuan rumah.

Pernyataan tersebut disampaikan Rajko Toroman menanggapi keputusan soal empat pemain Indonesia Patriots yang tidak akan dibawa bersama skuad Garuda pada window ketiga Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 di Clark City, Filipina, 16-20 Juni.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA : Menpora Ajak Masyarakat Tetap Percaya Kepada Masa Depan Sepak Bola

Keempat pemain tersebut adalah Ali Baghir, Yudha Saputera, Aldi Izzatur, dan Kelvin Sanjaya. Mereka sempat mengikuti pelatnas timnas untuk kualifikasi di GBK Arena Senayan pada Ramadhan lalu. Hanya satu pemain Indonesia Patriots, yakni Muhammad Arighi, yang akan ikut membela timnas di Filipina nanti.

Kendati begitu, Rajko menilai para pemain tersebut telah menunjukkan penampilan yang bagus dalam Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021 kendati belum pernah turun dalam sebuah kompetisi profesional.

“Ali Baghir, Kelvin Sanjaya dan pemain-pemain ini adalah masa depan basket Indonesia,” kata Rajko Toroman dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat.

“Kami ingin membawa mereka dalam kompetisi sesegera mungkin dan kami berharap mereka bisa menjadi bagian dari timnas senior. Kami akan terus mempersiapkan pemain-pemain muda ini agar siap menggantikan para pemain senior yang saat ini tergabung dalam timnas,” ujar dia menambahkan.

BACA JUGA : Italia Gebuk Turki 3-0 Dalam Laga Perdana Euro 2020

Harapan serupa disampaikan kapten timnas Arki Dikania Wisnu. Dia berharap Muhammad Arighi yang menjadi satu-satunya pemain muda yang masuk  skuad timnas ke Filipina, dapat membagikan pengalamannya pada rekan-rekannya nanti.

“Ini akan menjadi pengalaman bagi pemain muda agar potensinya semakin tergenjot. Dia bisa membawa pengalaman dari pemain senior seperti kami kepada rekan-rekannya dalam tim junior,” kata Arki. (int1)