Manchester City Permalukan Sang Juara Liverpool 4-0

  • Whatsapp
liverpool manchester
Gelandang Liverpool Alex Oxlade-Chamberlain (kedua kiri) mencetak gol bunuh diri ketika berusaha menghalau tembakan penyerang Manchester City Raheem Sterling (kedua kanan) dalam laga lanjutan Liga Inggris tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Kamis (2/7/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Laurence Griffith)
banner 468x60

NUSADAILY.COM-JAKARTA – Liverpool memang pasti juara Liga Inggris 2019/2020 karena mengantongi poin tertinggi klasemen. Mungkin itu yang membuat tim asuhan Juergen Klopp ini tampil asal dan harus menanggung malu dikandaskan tim peringkat dua, Manchester City.

Manchester City menodai pesta juara Liverpool dengan menang telak 4-0 dalam laga pekan ke-32 di Stadion Etihad, Kamis 2 Juli 2020 waktu setempat (Jumat WIB).

Baca Juga

Kevin de Bruyne, Raheem Sterling dan Phil Foden masing-masing mencetak satu gol di babak pertama. Lalu “dilengkapi” gol bunuh diri Alex Oxlade-Chamberlain dalam drama yang merusak status juara Liverpool tersebut.

Memang hasil itu tak mengubah posisi kedua tim di klasemen. Hanya saja Manchester City kini mengoleksi 66 poin. Memangkas jarak keunggulan dari sang juara jadi hanya 20 poin. Demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Liverpool memasuki pertandingan dengan tepuk tangan penghormatan atau guard of honour dari para pemain Manchester City. Liverpool sempat tampil dominan dalam 20 menit awal pertandingan.

Tetapi setelah peluang yang diperoleh Mohamed Salah membentur tiang gawang, The Reds tampak seperti kubu yang masih dilanda pengar karena terlalu larut berpesta setelah dipastikan menjuarai Liga Inggris sepekan sebelumnya.

Lini belakang Liverpool perlahan memperlihatkan kerapuhan di laga lawan Manchester itu. Diawali dengan keputusan buruk Joe Gomez menutup pergerakan Sterling dengan menjatuhkannya di dalam kotak penalti. Dan De Bruyne membuka keunggulan Man City lewat eksekusi tendangan 12 pas yang dingin.

Peluang Liverpool membalas berlalu ketika kiper Ederson Moraes meninggalkan sarangnya untuk menyapu bola dari penguasaan Mohamed Salah. Dan sesaat kemudian Man City malah menggandakan keunggulan diwarnai aksi Sterling yang memperdaya Gomez lagi sebelum menyeploskan bola ke gawang tim tamu pada menit ke-35.

Lini belakang Liverpool kian memburuk pasalnya, Andy Robertson lengah mengawal pergerakan Foden yang melakukan kerja sama umpan satu dua sentuhan dengan De Bruyne. Kerjasama itu bisa menaklukkan kiper Alisson Becker dan membuat skor menjadi 3-0 tepat di pengujung waktu normal babak pertama.

Gomez yang melakukan dua kesalahan fatal digantikan Oxlade-Chamberlain usai turun minum. Mmembuat Fabinho turun mengisi pos bek tengah. Tetapi Liverpool memasuki babak kedua masih dalam tekanan Man City.

Raibnya ketajaman Liverpool tampak jelas ketika Sadio Mane gagal menyelesaikan umpan terobosan nan matang kiriman Jordan Henderson. Dan bola bergulir melewati penyerang Senegal itu untuk diamankan oleh Ederson.

Man City yang bermain lebih sabar memperoleh peluang lagi dari sebuah serangan balik. Sterling cukup bebas di dalam kotak penalti. Ia melepaskan tembakan yang berusaha dihalau Oxlade-Chamberlain tapi malah memuluskan laju bola ke gawang Liverpool menjadi gol bunuh diri pada menit ke-66. Man City empat, Liverpool nol.

Setelah gol itu, para pemain Liverpool seperti dipaksa menjalani menit-menit memalukan di hadapan Manchester sembari berharap peluit tanda laga usai. Agar marjin kekalahan mereka tidak menjadi lebih buruk.

Man City terus tenang menjaga keunggulannya sebelum tepat di menit terakhir injury time Riyad Mahrez berhasil merangsek ke dalam kotak penalti untuk menjebol gawang Liverpool. Tetapi gol itu dianulir setelah tinjauan VAR mendapati Foden terlebih dulu melakukan pelanggaran handball dalam proses serangan.

Kendati demikian, skor telak 4-0 tetaplah sebuah pernyataan tegas dari Man City. Bahwa Liverpool tak punya waktu lama menggelar pesta juara dan harus segera berkonsentrasi dengan pertandingan yang tersisa di atas lapangan.

Liverpool harus segera kembali ke performa terbaiknya jika tak ingin gelar juara mereka kian ternoda. Yakni saat menjamu tim zona degradasi Aston Villa di Anfield untuk laga pekan ke-33 pada Minggu (5/7), beberapa jam sebelum Man City bertandang ke markas Southampton.

Susunan Pemain:

Manchester City (4-2-3-1): Ederson Moraes; Kyle Walker (Joao Cancelo), Eric Garcia, Aymeric Laporte (Nicolas Otamendi), Benjamin Mendy; Rodri Hernandez, Ilkay Guendogan; Phil Foden, Kevin de Bruyne, Raheem Sterling (Bernardo Silva); Gabriel Jesus (Riyad Mahrez)
Pelatih: Pep Guardiola

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold (Neco Williams), Joe Gomez (Alex Oxlade-Chamberlain), Virgil van Dijk, Andy Robertson; Jordan Henderson, Fabinho, Georginio Wijnaldum (Naby Keita); Mohamed Salah, Roberto Firmino (Divock Origi), Sadio Mane (Takumi Minamino)
Pelatih: Juergen Klopp

(yos)

Post Terkait

banner 468x60