Manchester City Menangi Leg Pertama Kontra Dortmund 2-1

  • Whatsapp
Penyerang Manchester City Phil Foden (kedua kiri) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol ke gawang Borussia Dortmund dalam leg pertama perempat final Liga Champions di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Selasa (6/4/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Phil Noble)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Manchester City memenangi leg pertama perempat final Liga Champions. Kontra Borussia Dortmund dengan skor 2-1 di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Marco Reus sempat menyamakan kedudukan untuk Dortmund enam menit jelang bubaran waktu normal. Membalas gol Kevin de Bruyne, tetapi Phil Foden menutup laga dengan golnya demi mengunci kemenangan City, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca Juga

Kemenangan tersebut membuat City hanya butuh hasil imbang dalam leg kedua yang dijadwalkan berlangsung di Signal Iduna Park pada Rabu (14/4) pekan depan.

BACA JUGA: Rodri Tegaskan City Tak Akan Fokus Kawal Haaland

Sedangkan Dortmund juga masih punya peluang untuk lolos jika menang 1-0 atau lebih pekan depan di kandangnya sendiri.

Kendati dalam posisi tidak diunggulkan, Dortmund menciptakan peluang lebih dulu saat laga baru berusia tujuh menit ketika Jude Bellingham. Memperdaya sejumlah pemain City, sayang tembakan penyelesaiannya masih bisa diamankan kiper Ederson Moraes.

City Mampu Membuka Keunggulan

Pada menit ke-19, City mampu membuka keunggulan memanfaatkan umpan blunder Emre Can untuk menciptakan serangan balik yang diakhiri dengan umpan tarik. Diselesaikan sepakan Kevin de Bruyne demi menaklukkan kiper Marwin Hitz.

Lima menit berselang, Dortmund hampir membalas ketika Ansgar Knauff memanfaatkan bola liar di pertahanan City. Umpan yang hampir dijangkau Marco Reus, tetapi Ederson keluar dari sarangnya demi melakukan halauan penting.

BACA JUGA: Penyelenggara Olimpiade Tokyo Batalkan Uji Coba Polo Air

Pada menit ke-30, wasit Oividiu Hategan menghadiahi tendangan penalti untuk tuan rumah atas dugaan pelanggaran Can terhadap Rodri Hernandez. Tetapi keputusan itu belakangan dianulir setelah masukan dari VAR.

Skor imbang bertahan hingga turun minum dan tiga menit memasuki babak kedua Ederson kembali harus melakukan penyelamatan penting untuk mementahkan tembakan Erling Haaland menyambut umpan terobosan Mahmoud Dahoud.

Pada menit ke-65, Foden membuang kesempatan bagus untuk menggandakan keunggulan City jika saja penyelesaiannya menyambut umpan De Bruyne tidak mudah diamankan oleh Hitz.

City terus menekan tetapi dua peluang lain dari De Bruyne dan Foden kembali belum menemui sasaran.

Dortmund Berhasil Menyamakan Kedudukan

Di tengah tekanan yang dirasakan, Dortmund justru berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-84 saat Reus merangsek ke dalam kotak penalti demi mengkonversi umpan Haaland ke gawang tuan rumah.

BACA JUGA: Sinner: Saya Ikut Miami Open untuk Menang

Gol itu sekaligus membuat Reus sebagai pemain tersubur Dortmund di Liga Champions dengan raihan 18 gol, melampaui Robert Lewandowski yang mencetak 17 gol semasa berseragam Die Borussen.

Dortmund berusaha untuk menjaga skor imbang yang menguntungkan mereka tersebut, tetapi tepat di pengujung waktu normal Ilkay Gundogan dengan tenang meneruskan umpan silang De Bruyne untuk diselesaikan Foden demi membawa City mengunci kemenangan 2-1.(int4)