Kamis, Oktober 21, 2021
BerandaSportKONI Sulteng Semangati Atlet Meski Tidak Ikut PON xx Papua

KONI Sulteng Semangati Atlet Meski Tidak Ikut PON xx Papua

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – PALU – Ketua Umum KONI Provinsi Sulawesi Tengah, Anwar Ponulele minta para atlet dari beberapa cabang olahraga agar tetap bersemangat mengikuti latihan,meski tidak ikut berlaga di PON XX yang dijadwalkan berlangsung di Papua pada Oktober 2021.

“Saya selaku pribadi maupun sebagai ketua koni tentu ikut prihatin atas kebijakan tuan rumah penyelenggara dan panitia PON yang mencoret 10 cabang tidak dipertandingkan di PON XX,”katanya di Palu, Rabu.

BACA JUGA : Australia Prioritaskan Vaksin Untuk Atlet Olimpiade

Menurut dia, tentu rata-rata KONI di daerah kecewa, sebab sudah dinyatakan lolos pada prakualifikasi, tetapi tidak dipertandingkan di PON.

Bukan Hanya Atlet Yang Kecewa

Bukan hanya atlet yang kecewa, tetapi kita semua, termasuk KONI dan Pemerintah Sulteng.

Apalagi, kata Anwar dari 10 cabang yang tidak dipertandingkan pada PON kali ini, beberapa diantaranya berpeluang besar menyumbangkan medali.

Seperti cabang balap sepeda, sepatu roda, tenis meja dan cabang muay thai.

“Ini jelas merugikan Sulteng dan daerah-daerah lainnya,” kata dia.

Sebagai Ketua Umum KONI Sulteng, Anwar terus memotivasi para atlet di daerah ini agar tidak kecewa dan tetap berlatih seperti biasa, sebab masih ada event-event nasional lainnya yang bisa diikuti atlet.

Kepala Sekertariat KONI Sulteng, Edison Ardiles (Foto Antara/Anas Masa)

Sementara Ketua Cabang Olahraga Muay Thai Sulteng, Edison Ardiles membenarkan atletnya pada prakualifikasi PON berhasil merebut tiket. Tetapi sayang cabang tersebut termasuk dari 10 cabang yang tidak dipertandingkan pada PON XX Papua.

Padahal, kata dia, cabang muay thai cukup besar peluang untuk menyumbangkan medali, karena beberapa kali atlet-atletnya tampil sebagai juara.

Misalnya, pada liga nasional muay thai dilaksanakan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Dari 13 atlet yang berlaga, beberapa diantaranya merebut medali.

Di liga nasional itu, Sulteng mengumpulkan 1 medali emas, 2 perak dan 1 perunggu.

Jadi melihat catatan prestasi atlet Sulteng dalam beberapa tahun terakhir ini cukup bagus, maka sangat disayangkan tidak bisa mengikuti PON XX, sebab cabang olahraga itu tidak dipertandingkan.

BACA JUGA : Madura United Rencanakan Latihan Setelah Lebaran

Dengan demikian, kata Edison yang juga kepala sekretariat KONI Sulteng, pada PON XX di Papua, Provinsi Sulteng hanya berlaga di 18 cabang olahraga.

Sedangkan target KONI di PON XX adalah memperbaiki peringkat dari papan bawah naik ke posisi lebih bagus. (int1)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA KHUSUS

@nusadaily.com

Akhir-akhir ini Kota Malang panas banget nih, ngadem dulu yuk🍦🍦 ##tiktoktaiment

♬ Happy Ukulele - VensAdamsAudio

LIFESTYLE

Polda Metro Periksa Rachel Vennya Hari Ini

0
NUSADAILY.COM - JAKARTA - Penyidik Polda Metro Jaya berencana memeriksa ​selebgram Rachel Vennya terkait dugaan kabur dari isolasi di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet...