Geliatkan Pariwisata Lewat Sport Tourism, KONI Kota Batu Bersiap Sambut Piala Dunia 2021

  • Whatsapp
koni batu
Ketua KONI Kota Batu, Mahfud. (istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – KOTA BATU – Bidang olahraga ingin ambil bagian dalam menggeliatkan industri pariwisata di Kota Batu. Seperti yang digagas KONI Kota Batu untuk mengembangkan sektor pariwisata melalui sport tourism.

Konsep sport tourism ini sempat dilontarkan KONI Kota Batu saat peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020 pada 9 September lalu.

Baca Juga

BACA JUGA: Gelar Puslatkot, KONI Kota Batu Terapkan Tes Sport Science bagi Atlet

Ketua KONI Kota Batu Mahfud mengatakan, sport tourism bisa dihadirkan melalui penyelenggaraan event sport di Kota Batu. Seperti penyelenggaraan kejurprov, kejurda, atau event olahraga lainnya yang digelar di Kota Batu.

“Karena event olahraga pasti diikuti ratusan bahkan ribuan atlet, mungkin bisa seminggu atau lebih berada di Kota Batu. Pastinya, hal itu sudah memacu keinginan mereka untuk berlibur menngunjungi destinasi wisata,” papar Mahfud.

Kata Mahfud, di Kota Batu saat ini telah ada tempat untuk mensuport sport event dan sport recreation. Yakni; Paralayang, Downhill, dan Arum Jeram. Di dua tempat awal sangat sering mengadakan event regional maupun internasional yakni Paralayang dan Downhill di bawah gunung banyak.

“Sebenarnya program di KONI tak hanya mengembangkan tigal hal tersebut saja. Namun dalam program tahunan. Kami menargetkan ada tujuh event yang terselenggara di Kota Batu,” jelasnya.

Minimal tiga event tingkat regional, dua tingkat nasional, dan dua tingkat Internasional. Untuk mendukung hal itu, maka setiap tahun pencab harus menyerahkan proposal rencana penyelenggaraan event. “Biasanya untuk event Internasional ada paralayang dan downhill,” jelasnya.

KONI Kota Batu juga mengincar para kontestan Piala Dunia 2021 U-20 yang akan digelar di Indonesia. KONI menawarkan federasi agar Kota Batu dijadikan tempat pemusatan latihan dari salah satu negara kontestan Piala Dunia 2021. Tempat pemusatan latihan yang ditawarkan yakni di lapangan Kusuma Agro Wisata.

BACA JUGA: KONI Sulteng Minta Cabang Olahraga Bina Atlet Usia Dini

“Kota Batu telah menawarkan kepada FIFA bahwa disini layak untuk dijadikan tempat pemusatan latihan tim sepak bola. Dengan segudang fasilitasnya seperti hotel-hotel bintang lima serta lapangan berkualiatas juga telah tersedia,” katanya.

Penawaran itu pun mendapat perhatian dari salah negara kontestan asal Timur Tengah yang berniat berniat menjalani pemusatan latihan di Kota Batu. Rencananya, negara kontestan Piala Dunia 2021 itu akan menjalani pemusatan latihan selama enam bulan di Kota Batu.

“Mungkin awal-awal tahun 2021 mereka sudah ada disini. Dengan syarat piala dunia U-20 2021 tak mundur pelaksanaannya,” timpal dia.

Dengan adanya hal tersebut, KONI Kota Batu telah mengumumkan kepada Pemkot Batu, agar tempat-tempat olahraga, terutama lapangan sepak bola bisa mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah. Sehingga bisa mempromosikan ke dunia internasional jika Kota Batu memiliki lapangan sepakbola yang layak dijadikan tempat latihan.

Dikatakan Mahfud, seperti event Piala Dunia 2021 nanti tak hanya menjadi ajang mengejar prestasi saja. Namun dari segi sport tourism juga akan dimaksimalkan sebaik mungkin.

“Dengan dipilihnya Indonesia sebagai tuan rumah, maka akan muncul pemberitaan di seluruh dunia. Terutama dari negara-negara yang ikut bertanding di Indonesia,” ujar Mahfud.(wok/lna)

Post Terkait

banner 468x60