Burnley Lengkapi Kemenangan Ganda Merseyside Setelah Tundukkan Everton

  • Whatsapp
liga inggris
Pemain sayap Burnley Dwight McNeil (kiri) melakukan selebrasi bersama Chris Wood seusai mencetak gol kedua timnya ke gawang Everton dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Goodison Park, Liverpool, Inggris, Sabtu (13/3/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Gareth Copley)
banner 468x60

NUSA DAILY.COM – JAKARTA – Burnley melengkapi kemenangan ganda atas klub Merseyside setelah menundukkan Everton 2-1 dalam lawatan ke Goodison Park untuk laga pekan ke-28 Liga Inggris pada Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

BACA JUGA: Dortmund Dekati Empat Besar Selepas Menang Atas 10 Pemain Hertha

Baca Juga

Hasil itu mengiringi kemenangan yang dibukukan Burnley dalam lawatan ke markas Liverpool pada pertengahan Januari lalu, membuat tim besutan Sean Dyche itu sukses menang di Merseyside dua kali dalam semusim untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Kendati berhasil menyudahi catatan nirmenang dalam lima pertandingan sebelumnya, Burnley tak beranjak dari urutan ke-15 klasemen dengan koleksi 33 poin sembari memperlebar jarak aman dari zona degradasi menjadi tujuh poin.

Sedangkan Everton membuang kesempatan untuk naik ke urutan kelima klasemen dan sementara tertahan di posisi ketujuh dengan 46 poin. Terancam disalip Tottenham Hotspur (45) atau Liverpool (43), demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Everton sebetulnya punya peluang bagus untuk membuka keunggulan hanya tiga menit setelah sepak mula. Tetapi tembakan Richarlison masih bisa ditepis oleh kiper Nick Pope.

Lantas pada menit kedelapan lini belakang Burnley mampu menghalau tembakan Tom Davies yang berusaha menyambar bola liar dalam situasi sepak pojok.

Di bawah tekanan tuan rumah, Burnley justru mampu mencuri keunggulan pada menit ke-13 saat Chris Wood berdiri di posisi yang tepat untuk menyambut bola umpan silang Dwigth McNeil. Yang sempat membentur Michael Keane sebelum melepaskan tembakan melengkung ke area tiang jauh.

Pada menit ke-23 Ben Mee dijatuhkan oleh Mason Holgate dalam duel udara memperebutkan bola sepak pojok di dalam kotak terlarang Everton. Tetapi wasit Jonathan Moss mengabaikan tuntutan hadiah penalti dari para pemain Burnley.

Kemarahan itu boleh jadi mereda semenit kemudian, sebab McNeil mampu menggandakan keunggulan Burnley setelah menerima umpan kiriman Matej Vydra. Melewati hadangan Allan dan melepaskan tembakan keras yang tak memberi kesempatan kiper Jordan Pickford bereaksi.

Burnley terus memanfaatkan momentum itu untuk memberondong pertahanan Everton. Sayang peluang mereka pada menit ke-27 yang diselesaikan Johann Berg Gudmundsson masih membentur tiang gawang.

Everton pada menit ke-32 mencetak gol balasan dalam upaya bangkit ketika umpan silang Davies diselesaikan dengan sempurna oleh sundulan Dominic Calvert-Lewin di muka gawang, memperkecil ketertinggalan 1-2.

Dua menit kemudian Everton hampir menyamakan kedudukan, tetapi sepakan jarak jauh Richarlison bisa dijinakkan oleh Pope.

Everton dipaksa melakukan pergantian pemain dua menit jelang turun minum setelah Pickford tak mampu melanjutkan pertandingan karena cedera, memberi kesempatan kiper muda Joao Virginia tampil.

Di awal babak kedua Pope langsung dibuat sibuk untuk melakukan penyelamatan demi menepis tembakan menyilang Andre Gomes demi menjaga keunggulan Burnley.

Pada menit ke-54, giliran klaim penalti Everton yang diabaikan Moss ketika Calvert-Lewin menjatuhkan diri di bawah kawalan James Tarkowski.

Burnley berusaha mengunci kemenangan mereka lebih awal lewat beberapa peluang tetapi Vydra membuang sia-sia peluang emas di muka gawang. Sundulan Mee menyambar mistar dan Virginia mampu menghentikan kesempatan Vydra yang lainnya.

Everton kesulitan mencari momentum untuk membalikkan keadaan dan harus rela menelan kekalahan lagi di kandang mereka. Tren yang belakangan akrab bagi klub-klub Merseyside.

BACA JUGA: Widodo C Putro: Hasil Imbang Dengan Persija Cukup untuk Evaluasi

Pekan depan Burnley tidak memiliki jadwal pertandingan hingga selepas jeda internasional awal April. Sedangkan Everton akan menjamu Manchester City di Goodison Park dalam laga perempat final Piala FA.(int3)