Bantai Laos 4-0, Timnas Indonesia U-23 Gapai Tiket Semifinal SEA Games 2019

  • Whatsapp
Saddil Ramdani dkk merayakan gol saat melawan Laos. (PSSI)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Timnas Indonesia U-23 berhasil menggengam tiket ke semifinal sepak bola SEA Games 2019. Anak asuh Indra Sjafri itu menuju empat besar, usai mengalahkan Laos dengan skor 4-0 di pertandingan terakhir penyisihan Grup B, yang berlangsung di Stadion City of Imus, Filipina. Gol kemenangan Indonesia diciptakn oleh Saddil Ramdani (4’), Osvaldo Haay (46’ dan 94’) serta Bagas Adi Nugroho (72’).

Indonesia berhak melangkah ke babak semifinal SEA Games 2019 dengan status runner-up mendampingi Vietnam, yang lolos sebagai pemuncak klasemen, usai bermain imbang 2-2 dengan Thailand.

Baca Juga

Indonesia membuat gol cepat pada menit 4’ melalui tendangan bebas Saddil Ramdani. Ia berhasil membuat tendangan yang tak bisa ditepis dengan baik penjaga gawang Laos, Thilavong Solasak. Sudah unggul 1-0, Indonesia sejatinya di atas angin untuk lolos. Sebab, hasil apapun di pertandingan Vietnam melawan Thailand, sudah pasti meloloskan Garuda Muda.

Namun, tiga gol tambahan dibuat oleh Indonesia di babak kedua. Osvaldo Haay dkk justru menggempur lawan dengan serangan cepat. Osvaldo menjebol gawang Laos hanya semenit setelah kick off babak kedua. Pada menit 72’, Indonesia mendapat hadiah penalti oleh wasit setelah Sani Rizki dijatuhkan di kotak penalti Laos.

Bagas Adi Nugroho turun sebagai eksekutor, tetapi ditepis oleh kiper Laos, Thilavong Solasak. Akan tetapi, tendangan penalti tersebut dianggap tidak sah oleh wasit dan harus diulang. Pada percobaan kedua, tendangan Bagas kembali ditepis. Hanya saja, i bola rebound bisa dimanfaatkan bek Bhayangkara FC tersebut menjadi gol.

Menjelang akhir pertandingan, Indonesia terus mendominasi pengusaan bola. Di menit 94’, Osvaldo Haay kembali mencetak gol atau gol ketujuh dalam ajang SEA Games 2019. Gol Osvaldo dibuat setelah mendapat peluang dari dalam kotak penalti. Skor 4-0 kemenangan Indonesia bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Dengan hasil tersebut, Indonesia menggenggam tiket semifinal dengan torehan 12 poin di bawah Vitenam yang mengoleksi 13 poin.. Di babak tersebut, Indonesia akan bertemu Myanmar yang tampil sebagai juara Grup A.

“Alhamdulillah, malam hari ini target pertama kita yaitu lolos semifinal telah tercapai. Kami nanti akan melakukan gim lagi ditanggal 7 (Desember 2019),” kata Indra Sjafri selepas pertandingan. (top)