Skater Liu Bersaudara Dapat Restu Ubah Kewarganegaraan untuk Perkuat China

Pada 10 November, Asosiasi Skating Hungaria mengeluarkan dokumen yang menegaskan bahwa mereka telah menyetujui bahwa skater kecepatan trek pendek negara itu Liu Shaolin dan Liu Shaoang tidak akan lagi menandatangani kontrak dengan asosiasi untuk mempersiapkan siklus Olimpiade Musim Dingin Milan 2026.

Skater Liu Bersaudara Dapat Restu Ubah Kewarganegaraan untuk Perkuat China
Skater Liu bersaudara (sumber: new.qq.com)

NUSADAILY.COM-BUDAPEST- Pada 10 November, Asosiasi Skating Hungaria mengeluarkan dokumen yang menegaskan bahwa mereka telah menyetujui bahwa skater kecepatan trek pendek negara itu Liu Shaolin dan Liu Shaoang tidak akan lagi menandatangani kontrak dengan asosiasi untuk mempersiapkan siklus Olimpiade Musim Dingin Milan 2026.

Selian itu, Asosiasi Skating Hungaria meminta untuk mengubah kewarganegaraan Liu bersaudara, asalkan mereka membayar sekitar 6 juta yuan kompensasi RMB. Ini juga berarti bahwa Liu bersaudara, yang masih merupakan atlet Hungaria-Cina, diharapkan menjadi warga negara Cina dalam waktu dekat, dan akan mewakili tim speed skating jalur pendek Cina di masa depan.

BACA JUGA: Raja Charles III Awalnya Tak Tahu Meghan Markle Ras Campuran

Kompensasi RMB 6 Juta

Melansir new.qq.com, pengumuman resmi Asosiasi Skating Nasional Hungaria mengungkapkan: Liu Shaolin dan Liu Shaoan mengeluarkan pernyataan penandatanganan kepada asosiasi pada 30 Oktober:

"Menurut perjanjian saat ini, kami ingin mengonfirmasi secara tertulis bahwa kami tidak bermaksud untuk menandatangani yang berikutnya. tahap kontrak olahraga dengan Asosiasi Skating Nasional Hongaria. Saya ingin meminta persetujuan tertulis dari Federasi Skating Nasional Hungaria untuk mengubah asosiasi nasional yang kami wakili dan membebaskan kami dari pembayaran lebih lanjut atau kewajiban lain yang timbul dari hubungan kontrak kami sebelumnya."

Menurut laporan media Eropa, kontrak olahraga yang disebutkan oleh Asosiasi Skating Nasional Hungaria (butir III.11.27) pada dasarnya membutuhkan kompensasi untuk kerugian pelatihan, dengan jumlah sekitar RMB 5,7 juta. Biaya kompensasi ini tidak dibesar-besarkan, seharusnya tidak membingungkan Liu bersaudara dan departemen olahraga dan Asosiasi Skating China yang secara teoritis berencana untuk memperkenalkan mereka.

BACA JUGA: Hari Pahlawan 10 November, Bung Karna Bagikan Taliasih Kepada Para Veteran

Menyerahkan Pensiun Yang Sangat Besar

Setelah menjadi warga negara Tiongkok, Liu bersaudara tidak hanya harus memberi kompensasi kepada Asosiasi Skating Nasional Hungaria untuk biaya pelatihan, tetapi mereka juga menyerahkan uang pensiun mereka yang berharga. 

Menurut kebijakan pemerintah Hungaria, peraih medali Olimpiade dapat menerima tunjangan pensiun bulanan yang besar sejak usia 35 tahun. Liu Shaoang, peraih medali emas Olimpiade dua kali, akan menerima RMB 27.300 per bulan dan bisa mendapatkan 14.500 yuan per bulan. Jika diterima sampai usia 80 tahun, subsidi bisa sampai lebih dari 24 juta yuan. (mdr2/lna)