Siswa SD Pocin 1 Curhat Ikuti Ujian Semester Selama 3 Pekan Tanpa Guru

Sejumlah siswa SDN 1 Pondok Cina pun mengeluarkan unek-uneknya, dan yang jadi perbincangan utama pada Senin ini adalah soal ujian yang menurut mereka sulit. Apalagi, selama sekitar tiga pekan ke belakang para siswa yang bertahan belajar di SDN Pondok Cina 1 itu hanya diajari para relawan baik dari orang tua maupun kepemudaan.

Siswa SD Pocin 1 Curhat Ikuti Ujian Semester Selama 3 Pekan Tanpa Guru
Sejumlah siswa SDN Pondok Cina 1 Depok mengikuti ujian Penilaian Akhir Semester (PAS), di mana ketika masa tes itu berakhir mereka harus angkat kaki ke relokasi sekolah yang baru, Senin (5/12/2022).

NUSADAILY.COM - DEPOK - Setelah tiga pekan menjalani kegiatan belajar mengajar tanpa guru, para siswa SDN 1 Pondok Cina, Depok, Jawa Barat, menjalani ujian akhir semester atau penilaian akhir, Senin (5/12/2022).

Sejumlah siswa SDN 1 Pondok Cina pun mengeluarkan unek-uneknya, dan yang jadi perbincangan utama pada Senin ini adalah soal ujian yang menurut mereka sulit. Apalagi, selama sekitar tiga pekan ke belakang para siswa yang bertahan belajar di SDN Pondok Cina 1 itu hanya diajari para relawan baik dari orang tua maupun kepemudaan.

Salah satu yang curhat adalah  Arvan Fadilah (12), siswa yang duduk di bangku kelas 6.

Menurut Arvan, apa yang diajarkan para relawan tidak sepenuhnya sama dan menutupi materi pembelajaran guru. Oleh karena itu, dia mengaku sempat kesulitan mengerjakan soal-soal ujian yang berikan. Pasalnya ada sejumlah materi yang dirasa masih belum dipahami para siswa.

BACA JUGA : Gelar Ujian Akhir Semester, Siswa dan Guru SDN Pocin 1...

"Iya rada bingung tadi jawab soal ujiannya. Ada yang enggak paham, karena beda dengan yang diajarkan relawan," ujarnya dilansir dari CNNIndonesia.com, Senin (5/12).

Sejumlah guru yang berada di gedung SD Pondok Cina 1 yang menemani para siswa ujian pada hari itu enggan memberikan keterangan.

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Wijayanto memastikan penilaian ujian akan dilakukan sesuai dengan hasil yang ada.

Ia menyebut tidak ada pembedaan atau kompensasi bagi mereka yang memilih tetap bertahan di SDN 1 Pocin. Kendati demikian, dirinya mengklaim Disdik tetap memberikan kisi-kisi materi yang akan diujikan terhadap seluruh siswa.

BACA JUGA : Alasan Pemkot Depok Minta Siswa Pocin 1 Pindah pada 12...

"Itu bagian dari pilihan. Intinya Kamis sudah memberikan jalan belajar di sana, silakan datang," ujarnya di lokasi.

"Tapi kalau kisi-kisi tetap kami kasih, insyaAllah tidak ada yang dirugikan dalam konteks ujian. Kisi-kisi kami kasih, kami sampaikan, mudah-mudahan tidak memberatkan," sambungnya.

Dalam kasus ini, rencananya lahan SDN Pocin 1 akan dialihfungsikan untuk pembangunan masjid. Wali Kota Depok Mohammad Idris berdalih pemerintah menerima aspirasi masyarakat yang kesulitan mencari masjid di sekitar Jalan Margonda Raya.

Sejak polemik ini, para siswa SDN Pocin 1 yang bertahan terpaksa belajar di kelas tanpa didampingi guru. Pemkot Depok meminta para siswa di SDN Pocin itu untuk direlokasi ke sekolah lain yakni SDN Pocin 3 dan SDN Pocin 5.

Berdasarkan data yang dihimpun pada Selasa (29/11), setidaknya ada 200 orang tua dan siswa memilih bertahan di gedung SDN Pondok Cina 1, serta menolak relokasi ke SDN Pondok Cina 3 dan 5.(lal)