Siap-siap! PNS MIlenial Akan Jadi Penduduk Pertama di IKN Baru

Pemerintah berencana memindahkan Aparatur sipil negara (ASN) dari Jakarta ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Proses ini rencananya akan dimulai pada 2024 mendatang.

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Pemerintah berencana memindahkan Aparatur sipil negara (ASN) dari Jakarta ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Proses ini rencananya akan dimulai pada 2024 mendatang.

Menurut Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara, Dhony Rahajoe, ASN yang pertama akan pindah adalah ASN alias PNS milenial. Hal ini disampaikannya dalam acara Pre Market Sounding Proyek IKN.

BACA JUGA: Soal Reshuffle Demokrat Minta Jokowi Contoh SBY di Akhir Masa Kepemimpinannya

"ASN Milenial yang akan jadi penduduk awal di sana (IKN)," katanya di Ballroom Djakarta Theater XXI, dikutip dari detikcom Selasa (18/10/2022).

Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono menjelaskan, kelompok ASN menjadi salah satu yang pertama menempati IKN, beserta beberapa kelompok lainnya. Antara lain adalah kelompok pekerja, investor, masyarakat yang sudah tinggal di IKN, dan lainnya.

"Yang kedua tadi TNI ASN POLRI yang akan pindah ke sana secara bertahap sampai tahun 2024 nanti kita lihat persiapan," ujar Bambang.

Sebelumnya, Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Satya Pratama menyampaikan bahwa BKN mendapatkan mandat untuk melaksanakan asesmen ASN yang akan dipindahkan ke IKN.

BACA JUGA: Lestari Moerdijat Tekankan UU Sisdiknas Disusun Akomodir Rakyat


"Pemetaan/penilaian potensi dan kompetensi (talent mapping) ini akan menyasar ASN di sejumlah instansi pemerintah pusat, yakni ASN kementerian/lembaga yang bertugas dan berkantor di wilayah Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta dan sekitarnya," ujar Satya dikutip dari laman BKN.

Satya menyampaikan, pada pelaksanaan pemetaan/penilaian kompetensi tahap awal pada 2022 sampai 2023 ditargetkan 60 ribu ASN, meliputi 20 ribu ASN di tahun 2022 dan 40 ribu ASN pada tahun 2023.(eky)