Siap-siap! Balap Sepeda Bakal Digelar di GBK Bulan November

Siap-siap untuk para penggiat road bike di Indonesia. Sebab bakal dihelat Indonesian Road Bike Championship di Gelora Bung Karno bulan depan.

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Siap-siap untuk para penggiat road bike di Indonesia. Sebab bakal dihelat Indonesian Road Bike Championship di Gelora Bung Karno bulan depan.

Ini adalah seri kedua Indonesian Road Bike Championship (IRocs) yang bertempat di Gedung Parkir Timur GBK, Senayan, 5 November. Ada yang berbeda dari IRocs kali ini ketimbang yang digelar di PIK 2 beberapa waktu lalu.

Saat itu sistemnya balapan criterium, sementara kali ini adalah eliminasi. Ada 12 kelas diperlombakan untuk berbagai jenis umur mulai dari 15 tahun hingga 59 tahun.

BACA JUGA: Unik! Juragan Beras Bakal Gelar Turnamen Bulutangkis Antarpetani

Mengutip detiksport, bertemakan "Look in The Dark', IRocs ingin memberikan sajian berbeda pada event kali ini, karena arena balapan akan disinari cahaya lampu yang tidak sepenuhnya terang sehingga jarak pandang bisa dibilang kurang dari tiga meter.

Mereka pun bekerjasama dengan salah satu brand sepeda ternama asal Prancis LOOK dan juga salah satu perusahaan transportasi terkenal di Indonesia, Blue Bird Group.

Rocs ingin menyajikan perlombaan dengan nuansa "entertainment race", di mana akan ada hiburan musik DJ, mulai dari proses perlombaan eliminasi dari pagi hingga malam hari.

Adapun sistem perlombaan tahap eliminasi dilakukan per kelas, yakni start per 6 orang dan akan diambil 2 orang untuk mengikuti eliminasi berikutnya hingga babak final malam harinya.

Penyelenggara menargetkan peserta individual sebanyak 300 orang, dengan memperhatikan tingkat keamanan yang baik bagi para peserta selama perlombaan berlangsung, sehingga diharapkan kegiatan ini dapat terselenggara dengan meriah, aman, dan sukses.

"Indonesian Road Bike Championship (IRocs) berharap untuk dapat memberikan kontribusi kepada para pesepeda road bike dengan menitik beratkan permainan dan menambah skill dalam bersepeda, tidak hanya di jalan yang lurus namun juga di jalan yang penuh rintangan. Jadi di seri ini yang kencang belum tentu menjadi pemenang" ucap Ibnu Rusdian selaku penyelenggara IROCS dalam rilis kepada detikSport.

"Melihat antusiasme para cyclist yang semakin besar dari tahun ke tahun, kami berharap dengan adanya event "Look in The Dark" ini akan menjadi tempat para cyclist untuk berlomba sekaligus meningkatkan potensi dan bibit baru atlet sepeda di Indonesia. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu cara untuk mengembangkan komunitas dan juga industri sepeda di Indonesia," timpal Brand Activations LOOK Indonesia Prasetio Ario.

Anda tertarik mengikutinya? Silakan klik link berikut ini. Untuk biaya pendaftaran kelas roadbike adalah Rp 500 ribu dan untuk fixed gear adalah Rp 300 ribu.

BACA JUGA: Parkir dan Operasi Ilegal, Satu Titik Penyewaan Sepeda Listrik di Beijing Ditutup


Daftar kelas perlombaan di Indonesian Road Bike Championship (IRocs) seri kedua:

1. Men Master A (30-39)
2. Men Master B (40-49)
3. Men Master C (50-59)
4. Men Fix Gear A (21-34) B (35 tahun ke atas)
5. Men Open (19-29)
6. Men Youth (15-16)
7. Men Junior (17-28)
8. Men Elite (19 tahun ke atas)
9. Women Elite (19 tahun ke atas)
10. Women Junior (17-18)
11. Women Open (19-29)
12. Women Master (30 tahun ke atas).(eky)