Serius Maju Bupati Magetan, Bunda Nanik Mendaftar di Partai Golkar

Rencananya setelah mendaftar di Golkar bunda Nanik juga akan mendaftar di Partai NasDem, yang diketahui sebagai koalisi Partai Golkar.

May 17, 2024 - 12:20
Serius Maju Bupati Magetan, Bunda Nanik Mendaftar di Partai Golkar
Nanik Endang Rusminiarti (mantan wakil bupati) saat mendaftar di DPD Partai Golkar Magetan.

Magetan, Nusadaily.com - Nanik Endang Rusminiarti, yang akrab disapa Bunda Nanik, resmi mendaftar sebagai calon bupati Magetan untuk Pilkada 2024 melalui Partai Golkar pada Kamis malam (16/05/2024).

Rencananya setelah mendaftar di Golkar bunda Nanik juga akan mendaftar di Partai NasDem, yang diketahui sebagai koalisi Partai Golkar. Dengan dua partai di atas jumlah 9 kursi, Nanik sudah bisa maju sebagai bakal calon bupati Magetan.

"Bunda Nanik resmi mendaftar sebagai calon bupati lewat Golkar. Beliau serius maju dalam Pilkada 2024. Karena Golkar sudah berkoalisi dengan Nasdem, maka Bunda Nanik akan mendaftar juga lewat Nasdem. Waktunya menunggu tahapan di NasDem," ujar Didik Haryono, Juru Bicara Partai Golkar, Jumat (17/05/2024).

Partai Golkar menyambut baik kehadiran istri Mantan Bupati Magetan, Sumantri, dalam bursa pencalonan ini. Ini disebut Didik adaah momentum penting bagi Golkar untuk memperkuat konsolidasi dengan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD).

"Dari survei internal kami, Bunda Nanik menjadi tokoh dengan suara tertinggi sebagai kandidat bakal calon bupati. Artinya mulai dari pengurus tingkat bawah hingga kabupaten setuju jika usuang bunda," ujarnya.

Didik menambahkan, paska ini DPD Golkar Magatan akan segera berkoordinasi dengan DPD Provinsi hingga Bapilu untuk tindakan selanjutnya sesuai petunjuk pelaksanaan dan berkoordinasi.

Ditanya mengenai potensi bergabungnya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ke dalam koalisi, Didik menyatakan bahwa komunikasi intensif sudah terjalin. Meski belum ada rekomendasi resmi dari PKB, peluang koalisi sangat tinggi.

"Hari ini kami langsung berkomunikasi dengan PKB. Kami berharap PKB bisa bergabung dengan koalisi Golkar-Nasdem karena memiliki bakal calon bupati yang sama. Sejauh ini, peluang PKB bergabung sekitar 70 persen. Kami sering bertemu dan memiliki visi yang sama tentang masa depan Magetan," pungkas Didik.

Terakhir, bila bunda Nanik benar-benar mendapat rekomendasi dari tiga partai di atas. Maka semakin mengukuh sebagai calon kandidat kuat dalam Pilkada 2024 Magetan. Total ada sebanyak 17 kursi dukungan dari Golkar, Nasdem, dan PKB. (nto).