Senam Pasuruan Resik, Senam Unggulan Kota Pasuruan

Warga Kota Pasuruan, terutama yang memiliki hobi senam, sepertinya harus segera mempelajari varian senam baru. Ya, Senam Pasuruan Resik namanya. Senam kreasi ini ditampilkan secara kolosal di pelataran Gedung Harmoni, Minggu (23/10).

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Warga Kota Pasuruan, terutama yang memiliki hobi senam, sepertinya harus segera mempelajari varian senam baru. Ya, Senam Pasuruan Resik namanya. Senam kreasi ini ditampilkan secara kolosal di pelataran Gedung Harmoni, Minggu (23/10).

Mulai dari wali kota, wawali, kepala perangkat daerah, camat, dan ASN di Kota Pasuruan secara kompak dan semangat membawakan gerakan senam dengan ritme enerjik tersebut.

Apalagi backsound dari senam tersebut adalah lagu "Pasuruan Resik" ciptaan Sodiq Monata yang beberapa bulan ini sudah akrab di telinga masyarakat Kota Pasuruan.

Bedanya, lagu Pasuruan Resik ini diaransemen lebih catchy sehingga mampu memberikan feel musik yang "senam banget". Perpaduan antara musik yang lebih fresh dan gerakan yang cukup rancak membuat senam ini menjadi lebih berenergi.

Sama seperti latar belakang diciptakannya jingle Pasuruan Resik, diciptakannya Senam Pasuruan Resik ini tidak lepas dari upaya Pemerintah Kota Pasuruan untuk mengampanyekan pola hidup bersih. Menjaga kebersihan lingkungan menjadi salah satu arahan Pemkot Pasuruan guna mendukung terwujudnya visi Pasuruan Kota Madinah (Maju Ekonominya, Indah Kotanya, Harmoni Warganya).

"Senam Pasuruan Resik di lingkungan Pemkot ini dimaksudkan untuk mengampanyekan betapa pentingnya pola hidup bersih. Maka yang menjadi motor sekaligus inspirasi bagi masyarakat adalah jajaran Pemkot Pasuruan," ujar Wali Kota Pasuruan Drs. H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Gus Ipul yang kemarin juga sekaligus membuka kegiatan lomba senam Pasuruan Resik antar perangkat daerah menyampaikan bahwa sebelum memberikan arahan atau mengkampanyekan sebuah program bagi masyarakat, maka para jajaran Pemkot harus menjadi contoh terlebih dahulu.

"Contohnya arahan menjaga kebersihan lingkungan. Sebelum kita menyuruh orang lain, kita harus menjadi contoh terlebih dahulu bagaimana menjaga hidup bersih," lanjut Gus Ipul.

Ia juga menyampaikan harapan agar kampanye Pasuruan Resik melalui berbagai media, salah satunya senam ini, mampu terwujud dengan usaha dan kerja keras bersama

"Melalui lomba senam ini saya ingin maksud dan tujuan utama bisa terwujud. Kalo saya lihat baju senam Bapak-Ibu anyar-anyar. Saya pun ingin melihat Pasuruan sing  Anyar yaitu Pasuruan Madinah," ucapnya.

Gus Ipul menambahkan bahwa kampanye kebersihan ini akan terus dimasifkan. Hal ini dilakukan mengingat pada tahun 2023 Kota Pasuruan akan menjadi tuan rumah MTQ Provinsi Jawa Timur ke-30 tahun 2023. Sebagai tuan rumah, Gus Ipul berharap agar hal-hal baik ditampilkan Kota Pasuruan kepada para tamu yang datang dalam event tersebut. Salah satunya melalui kebersihan dan keindahan kota. (oni)