Semeru Erupsi, Jepang Waspada Kemungkinan Terjadinya Tsunami

Badan Meteorologi Jepang sedang memantau kemungkinan tsunami setelah Gunung Semeru di Jawa Timur, Indonesia erupsi pada Minggu, (4/12/2022) lapor lembaga penyiaran publik NHK.

Semeru Erupsi, Jepang Waspada Kemungkinan Terjadinya Tsunami
Gunung Semeru Erupsi, 4 Desember 2022. (Foto: Avirista Midaada/MPI)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Badan Meteorologi Jepang sedang memantau kemungkinan tsunami setelah Gunung Semeru di Jawa Timur, Indonesia erupsi pada Minggu, (4/12/2022) lapor lembaga penyiaran publik NHK.

BACA JUGA : Waduh! Status Gunung Semeru Naik Menjadi Awas

Tsunami dari letusan tersebut, yang terjadi sekira pukul 11:18 waktu Jepang , dapat mencapai Prefektur Okinawa paling cepat sekira pukul 14.30 waktu setempat, demikian dilaporkan NHK mengutip pernyataan badan tersebut, sebagaimana dilansir Reuters

Menurut laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM Gunung Semeru erupsi pada 4 Desember 2022, pukul 02.46 WIB. Gunung berapi tersebut memuntahkan kolom abu setinggi ± 1500 m di atas puncak yang mengarah ke tenggara dan selatan.

BACA JUGA : Gunung Semeru Semburkan Awan Panas Sampai 7 Km, Warga Sekitar Panik Menuju Lokasi Evakuasi

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengevakuasi warga di sekitar Gunung Semeru pasca erupsi. Warga dilaporkan panik karena aktivitas awan panas guguran yang terlihat dengan jelas.

(roi)