Selain Kakbah, Ternyata Rumah Lionel Messi ‘Haram’ Dilewati Pesawat

Selain kakbah, ada beberapa tempat lain di dunia dimana pesawat dilarang terbang. Salah satunya adalah di atas rumah bintang Argentina, Lionel Messi.

Selain Kakbah, Ternyata Rumah Lionel Messi ‘Haram’ Dilewati Pesawat
Foto: Rumah Lionel Messi (dok. Istimewa)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Selain kakbah, ada beberapa tempat lain di dunia dimana pesawat dilarang terbang. Salah satunya adalah di atas rumah bintang Argentina, Lionel Messi.

Dalam dunia penerbangan, ada istilah no-fly zone, alias zona larangan dimana pesawat tidak diizinkan melintas di atas sejumlah tempat. Kakbah di Mekkah adalah salah satunya.

BACA JUGA: Laga Pertama Piala Dunia yang Sensasional, Jadi Penghinaan Bagi Lionel Messi!


Tapi tahukah traveler, ternyata selain Kakbah, pesawat juga dilarang terbang di atas rumah Megabintang Sepakbola asal Argentina, Lionel Messi.

Pesawat tidak diizinkan terbang di atas rumah bintang sepak bola Lionel Messi yang berada di Gava, sebuah kota kecil di pinggiran Barcelona. Rupanya, ada regulasi terkait lingkungan yang melarang pesawat terbang di atas wilayah ini.

Seperti dikutip dari The Standard, Gava terletak sekitar 10 km dari Bandara El Prat, bandar udara utama di Barcelona. Karena aturan lingkungan tersebut, bandara Barcelona juga tidak bisa diperluas.

Selain rumah Lionel Messi, pesawat juga dilarang terbang di atas area perumahan Perdana Menteri Inggris. Pesawat tidak boleh terbang di sana dengan alasan melindungi elit politik negara.

Atas alasan yang sama, pelarangan serupa diterapkan di atas gedung parlemen, kediaman ratu di Istana Buckingham, dan juga Kastil Windsor.

BACA JUGA: Kylian Mbappe Bakal Salip Rekor Gol Cristaino Ronaldo dan Lionel Messi di Piala Dunia 2022?


Rumah lain yang juga haram diterbangi pesawat adalah rumah Presiden pertama AS George Washington. Pesawat dilarang terbang di bawah ketinggian 1.500 kaki di atas rumah kayu presiden pertama AS George Washington di kawasan Gunung Vernoon.

Larangan tersebut dibuat untuk menjaga rumah yang didirikan sekitar 1758-1778 dari kerusakan akibat getaran pesawat. Atas alasan senada, foto udara juga jarang diizinkan untuk situs bersejarah nasional AS ini.(eky)