Sekjen PBB Minta G20 Mengarahkan Pemulihan Global

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres meminta Kelompok 20 (G20) untuk mengubah arah dan mengarahkan pemulihan ekonomi global disampaikan pada Kamis (13/10).

NUSADAILY.COM – UNITED NATIONS – Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres meminta Kelompok 20 (G20) untuk mengubah arah dan mengarahkan pemulihan ekonomi global disampaikan pada Kamis (13/10).

ilustrasi PBB (UN) sumber istockphoto

Melansir Xinhua, Guterres mengajukan banding ini dalam sebuah surat kepada para menteri keuangan G20 dan gubernur bank sentral.

Baca Juga:China Semakin Mampu Saingi AS di Kancah Internasional,...

"Hari ini, G20 berada di persimpangan jalan, dapat melanjutkan status quo (kondisi tetap), atau dapat mengambil jalur baru untuk mengarahkan pemulihan ekonomi global untuk semua. Saya percaya jalur baru merupakan pilihan yang tepat," tulis Sekjen PBB.

Untuk tujuan ini, sistem dan mitra PBB sudah mengusulkan Stimulus Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Sustainable Development Goals (SDG) untuk mengatasi kondisi pasar yang memburuk dan mempercepat kemajuan menuju SDG. 

Baca Juga:Baca Juga:IMF Proyeksikan Ekonomi Global Tumbuh 3,2 Persen Tahun Ini

Stimulus SDG menyerukan peningkatan besar-besaran dalam komitmen sektor publik terhadap pembangunan, mitigasi dan adaptasi kemanusiaan dan iklim hanya dengan 2 persen dari produk domestik bruto global, tulisnya dalam surat tersebut.

"Saya meminta para menteri keuangan G20 dan gubernur bank sentral untuk memperkuat stimulus SDG untuk memastikan bahwa negara-negara di semua tingkat pembangunan bisa menanggapi tantangan langsung dan jangka panjang."

Guterres mencatat bahwa Stimulus SDG terdiri dari lima rekomendasi: segera meningkatkan keringanan utang untuk negara-negara rentan, meningkatkan pinjaman dari bank pembangunan multilateral dan bank pembangunan publik untuk mendukung SDG, melibatkan pemegang obligasi swasta dan debitur berdaulat dalam upaya pengurangan utang, secara struktural meningkatkan likuiditas dukungan untuk negara-negara rentan melalui peningkatan penggunaan Hak Penarikan Khusus, menyelaraskan aliran keuangan dengan SDGs dan Perjanjian Paris.

“Sekarang lebih dari sebelumnya, kepemimpinan G20 diperlukan untuk mengarahkan dunia keluar dari krisis terdalamnya. Saya berharap bisa bekerja sama dengan G20 untuk mengembangkan strategi bersama untuk memajukan rekomendasi Stimulus SDG,” tulis Guterres.

Surat tersebut,pada 12 Oktober, dirilis pada hari Kamis (13/10). (mdr1/lna)