Sejumlah Tanaman di Bundaran HI Rusak Terinjak Warga Rayakan Pergantian Tahun

Sejumlah tanaman di sudut-sudut area Bundaran HI tak lagi berdiri tegak. Beberapa di antaranya yakni sederet tanaman di bagian barat dan utara Bundaran tersebut.

Jan 2, 2023 - 05:36
Sejumlah Tanaman di Bundaran HI Rusak Terinjak Warga Rayakan Pergantian Tahun

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Pasukan oranye mengaku miris melihat sejumlah tanaman di Bundaran HI rusak akibat terinjak saat masyarakat merayakan malam Tahun Baru 2023, Sabtu (31/12) malam hingga Minggu (1/1) dinihari WIB.

"Iya (miris). Pasti banyak kerugian itu, hancur tanamannya diinjak-injak," tutur salah satu anggota pasukan oranye di sekitar Bundaran HI, yang mengaku bernama Tukiran, Minggu (1/1).

Sejumlah tanaman di sudut-sudut area Bundaran HI tak lagi berdiri tegak. Beberapa di antaranya yakni sederet tanaman di bagian barat dan utara Bundaran tersebut.

Pemandangan itu tak pelak mengurangi keindahan Bundaran HI yang menjadi ikon Jakarta.

Tukiran merasa heran, lantaran seharusnya area taman steril dari warga itu masih diinjak meski tak ada panggung hiburan.

"Kalau di sini kan semalam enggak ada panggung, kenapa harus hancur juga tanamannya. Enggak tahu deh semalam," lanjutnya.

Meski demikian, ia merasa tak kaget lantaran keadaan serupa juga sering terjadi setiap tahun.

Tanaman yang terinjak imbas malam perayaan tahun lalu bahkan disebut lebih parah karena area Bundaran HI diramaikan panggung hiburan.

"Tapi setiap tahun pasti sih, apalagi tahun kemarin lebih parah lagi karena di sini ada panggung," ucap Tukiran.

Kesan serupa juga diakui anggota pasukan oranye lain, Rizal. Ia mengaku masih miris lantaran tanaman di kawasan itu sudah tertata dengan indah dan rapi.

Namun, perilaku gegabah sejumlah pengunjung justru menimbulkan dampak buruk bagi tanaman maupun kawasan tersebut. Meski demikian, ia juga tak terlalu kaget karena sudah mengalami kejadian serupa sejak lama.

"Lumayan (miris) sih. Kan udah tertata rapi, tiba-tiba diinjak begitu ya. Harusnya bisa ngehindar juga," ucap Rizal yang mendapat giliran pembersihan sejak pukul 05.00 WIB. 

"Lumayan, sih, emang dari dulu juga kejadiannya. Jadi enggak kaget, sih," lanjut Rizal, mengutip CNNIndonesia.com.

Ada tujuh titik lokasi acara perayaan malam Tahun Baru 2023 pada Sabtu (31/12) di Jakarta.

Pembagian tersebut bertujuan mencegah terjadinya penumpukan warga yang datang ke perayaan.

Sejumlah lokasi yang ditunjuk yakni, di Jakarta Pusat terletak di Thamrin 10, lalu Jakarta Utara dan Jakarta Barat masing-masing di kantor wali kota.

Lalu, Jakarta Selatan di Setu Babakan, Jakarta Timur di Old Shanghai Cakung, dan Kepulauan Seribu di Pulau Untung Jawa. Lalu, puncak kegiatan perayaan malam tahun baru digelar di TMII.

"Nanti (malam Tahun Baru 2023, red) juga ada festival malam tahun baru di TMII dan juga ada di tingkat kota di lima wilayah kota dan satu kabupaten," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Andhika Permata di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (20/12).(sir)